Mengenal Empat Tipe Kepribadian Manusia

Mengenal Empat Tipe Kepribadian Manusia
Mengenal Empat Tipe Kepribadian Manusia/satupersen.net

Suryamedia.id – Setiap manusia telah diciptakan dengan berbagai keunikan karakter, sifat, dan kepribadian masing-masing.

Menurut teori proto-psikologis, kepribadian manusia memiliki empat jenis. Empat jenis kepribadian manusi tersebut yaitu sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis.

Keempat tipe kepribadian tersebut memiliki ciri yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan mengenai empat tipe kepribadian manusia.

Pertama, sanguinis. Tipe kepribadian ini memiliki sifat yang cenderung hidup, optimis, ringan, dan riang. Mereka juga menyukai petualangan dan memiliki toleransi tinggi akan suatu risiko.

Tipe sanguinis biasanya lemah menoleransi kebosanan, mereka akan mencari variasi dan hiburan untuk mengatasinya.

Pemilik sifat ini kadang-kadang juga memiliki hal negatif dalam hubungan percintaan dan hal lainnyaa karena ia berperilaku mencari kesenangan. Banyak orang dengan kepribadian sanguinis cenderung berjuang dengan keinginan yang terus menerus.

Kabar baiknya, tipe sanguin dikenal sangat kreatif dan bisa menjadi seniman serta penghibur yang hebat. Mereka akan cocok dengan memilih karier di industri hiburan. Pekerjaan yang berhubungan dengan marketing, travel, fashion, memasak atau kuliner, dan olahraga juga menjadi pilihan yang sesuai dengan kepribadan ini.

Baca Juga :   Hindari Jenis Makanan Berikut Sebelum Olahraga

Kedua, plegmatis. Orang plegmatis adalah orang-orang yang cinta damai. Mereka biasanya mencari keharmonisan hubungan antar pribadi dan hubungan dekat. Hal inilah yang membuat orang-orang plegmatis menjadi pasangan yang setia dan bisa menjadi orang tua yang penuh kasih.

Mereka biasanya suka menjaga hubungan dengan teman-teman lama, anggota keluarga yang jauh, hingga tetangga.

Mereka akan menghindari hal yang memicu konflik dan selalu berusaha menengahi orang lain yang berkonflik agar bisa berdamai. Mereka suka membantu orang lain.

Pekerjaan yang sesuai dengan tipe kepribadian plegmatis antara lain perawat, guru, psikolog, konseling, dan pekerjaan di bidang layanan sosial.

Ketiga, koleris. Orang dengan kepribadian koleris merupakan orang yang sangat berorientasi pada tujuan. Mereka biasanya sangat cerdas, analitis, dan logis, sangat praktis dan langsung.

Namun mereka tidak merasa harus menjadi teman baik atau orang yang ramah kepada orang lain. Koleris tidak menyukai percakapan singkat, sebaliknya mereka menikmati percakapan yang mendalam dan bermakna.

Mereka lebih suka sendirian. Mereka akan suka menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki minat profesional yang serupa.

Baca Juga :   Cara Alami Dapatkan Kulit Sehat Awet Muda

Pekerjaan yang sesuai koleris adalah industri tentang pengelolaan, teknologi, statistik, teknik, dan pemrograman

Keempat, melankolis. Melankolis menyukai tradisi seperti wanita memasak untuk laki-laki atau laki-laki membuka pintu bagi wanita.

Mereka pun mencintai keluarga dan teman-temannya. Melankolis tidak suka mencari hal-hal baru atau melakukan petualangan.

Orang melankolis menghindari hal menantang seperti meninggalkan tanah airnya ke negara lain untuk menikah.

Sisi baiknya, mereka dikenal sangat sosial dan berupaya berkontribusi, sangat teliti dan akurat. Tipe ini adalah manajer yang fantastis dengan kepribadian yang baik.

Pekerjaan untuk tipe kepribadian melankolis adalah dalam bidang pengelolaan atau manajemen, akuntansi, pekerjaan social, atau bagian administrasi. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini