Ilham Habibie Mundur Sebagai Komisaris Utama Muamalat

Ilham Habibie Mundur Sebagai Komisaris Utama Muamalat
Ilham Habibie Mundur Sebagai Komisaris Utama Muamalat/tagar.id

Suryamedia.id – Ilham Habibie yang sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen Bank Muamalat, telah mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Hal ini dikonfirmasi oleh pihak manajemen Bank Muamalat pada 23 Mei dalam pengumuman keterbukaan dengan media.

Hayunaji selaku Corporate Secretary Bank Muamalat,s mengatakan bahwa pengunduran diri Ilham Habibie dari perusahaan bersamaan dengan masuknya Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menjadi pemegang saham pengendali Bank Muamalat yang baru.

“Pengunduran diri Bapak Ilham Akbar Habibie sebagai komisaris utama dan komisaris independen Bank Muamalat disebabkan karena telah tuntasnya proses penguatan modal dengan masuknya BPKH sebagai pemegang saham pengendali Bank Muamalat Indonesia,” kata Hayunaji, Senin (23/5/2022) dilansir dari Bisnis.com.

Lebih lanjut, Hayunaji mengatakan jika Ilham Habibie akan resmi mundur dari komisaris utama Bank Muamalat sesudah mengantongi persetujuan dari para pemegang saham.

“Pengesahan pengunduran diri ini akan diagendakan dalam RUPS terdekat,” katanya.

Pengunduran diri Ilham ini, menurut Hayunaji merupakan bagian dari adanya perubahan kepemilikan di Bank Muamalat. Apabila hal ini resmi terjadi, maka BPKH selaku pemegang saham utama akan menjadi lebih leluasa menentukan orang yang akan mengawasi Bank Muamalat ke nantinya.

Baca Juga :   Jurnalis Al Jazeera Tertembak Mati Pasukan Israel

“Kami berterima kasih atas segala kontribusi yang telah diberikan oleh Pak Ilham selama menjabat di Bank Muamalat Indonesia,” katanya.

Surat pengunduran diri Ilham Akbar Habibie sendiri diterima pihak manajemen pada 19 Mei 2022. Ilham diangkat sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen Bank Muamalat pada 2018.

Ia dipilih dengan harapan jaringan internasional yang dimiliki oleh Ilham dapat menjadi jalan bagi Bank Muamalat memperoleh investor baru serta adanya penambahan modal dari para pemegang saham eksisting.

Pada tahun 2020, Ilham membawa konsorsium Al Falah dalam melakukan injeksi modal di Bank Muamalat. Ia juga disebut membawa konsorsium Minna Padi demi membantu modal Bank Muamalat. Namun, langkah ini kandas karena tidak mendapat lampu hijau dari OJK.

Bank Muamalat justru malah diakuisi oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui skema hibah di tahun 2021. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini