Mengenal Rivan Kurniawan, Investor Muda Indonesia

Mengenal Rivan Kurniawan, Investor Muda Indonesia
Mengenal Rivan Kurniawan, Investor Muda Indonesia/swa.co.id

Suryamedia.id – Mencapai kebebasan finansial merupakan impian bagi semua orang, termasuk para anak muda. Banyak cara untuk mencapai hal tersebut, mulai dari berbisnis hingga menjadi investor.  

Namun, melakukan investasi di usia muda bukanlah sesuatu hal yang mudah. Pasalnya, untuk dapat berinvestasi kita perlu untuk menyisihkan uang khusus dari sekian pemasukan. Apalagi, para anak muda biasanya belum memiliki pekerjaan yang mapan.

Jatuh bangun kehidupan anak muda juga dialami oleh Rivan Kurniawan yang kini dikenal sebagai investor muda di Indonesia. Sebelum mencapai titik ini, Rivan juga mengalami berbagai lika-liku dalam menjadi investor.

Rivan diketahui terjun dalam dunia investasi dan menjadi investor dimulai sejak tahun 2008. Sejak saat itu, ia telah menjadi salah satu sosok yang banyak menjadi inspirasi anak muda di Indonesia.

Kisah awal Rivan terjun dalam dunia investasi sebenarnya dimulai dari semasa kuliah. Ia mendapatkan pengetahuan mengenai investasi saham dari teman-temannya di kampus.

Pada saat itu, ia masih berumur sekitar 20 tahun. Modal awal yang ia gunakan untuk investasi saham pun berasal dari tabungan yang ia kumpulkan sejak SD.

Baca Juga :   Tips Pakai Parfum, Wangi Tahan Lama

“Jadi setiap dapat uang saku dari orang tua, atau dari keluarga besar saat tradisi hari Raya Imlek dan ulang tahun, tidak semua saya gunakan melainkan saya tabung juga,” ucap Rivan silansir dari idxchannel.com.

Usaha lain yang ia lakukan dalam mengumpulkan uang saat awal bekerja adalah berjualan online Android Smart TV. Di mana saat itu Android Smart TV belum banyak ada di pasaran. Ia mengimpor produk Android Smart TV dengan harga Rp 300.000/pcs, dan kemudian menjualnya seharga Rp 700.000 – 900.000/pcs.

“Jadi setiap sore, saya jualan ke toko-toko elektronik menawarkan produk tersebut”, ujarnya.

Rivan melakukan hal tersebut saat dirinya masih aktif bekerja di perusahaan nasional dan multinasional. Rivan yang tak kenal menyerah itu, terus mengumpulkan uangnya untuk investasi saham.

Ia memiliki prinsip bahwa jangan hanya bekerja untuk mencari uang, namun uang juga harus bekerja menghasilkan uang bagi kita.

Susah senang dalam berinvestasi, semua Rivan rasakan. tahun 2009, ia pernah meraih keuntungan hingga 70% dari modalnya.

Baca Juga :   Tanda Blackpink Akan Comeback Bulan Juni 2022

Namun kemudian di tahun 2010, ia juga pernah mengalami kerugian yang besar bahkan hingga Rp1 miliar.

Meski mengalami banyak rintangan, ia tidak menjadi putus asa. Awalnya ia menerapkan metode trading, kemudian berganti menjadi value investing. Sosok yang menjadi inspirasinya adalah Warren Buffett.

Berkat usahanya selama itu, Rivan pun akhirnya dapat mencapai kebebasan finansial dan memutuskan untuk menjadi investor sepenuhnya mulai tahun 2016. Di mana saat itu ia berusia 28 tahun.

Kini, Rivan pun dikenal sebagai investor muda yang jeli dalam memanfaatkan peluang. Saat pasar saham lesu di tahun 2008, 2013, 2015, dan 2020, Rivan justru menaruh hampir seluruh hartanya di saham.

Ia menilai, kesempatan terbaik datang ketika krisis yaitu saat di mana saham dihargai sangat murah.

Pada saat pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, Rivan justru melihat hal tersebut sebagai sebuah kesempatan. Saham yang dibelinya saat pandemi adalah AGII, MMLP, dan ADRO yang kemudian menghasilkan keuntungan 2-3 kali lipat.

Sekarang, Rivan tidak hanya aktif di pasar saham, namun juga berinvestasi di private companies.

Baca Juga :   Biaya Langganan Netflix Akan Turun Tapi Ada Iklan

Selain terkenal sukses, Rivan sendiri juga dikenal rendah hati atas kesuksesannya. Ia sering berbagi pendapat terhadap sebuah saham atau kondisi makro ekonomi saat ini di sosial media pribadinya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini