Calhaj Diimbau Untuk Vaksinasi Influenza

Calhaj Diimbau Untuk Vaksinasi Influenza
Foto: kegiatan Bimbingan Manasik Haji, di Hotel Dewi Ratih, Kabupaten Batang, Selasa (24/5/2022)/www.batangkab.go.id/

Batang, Suryamedia.id – Menjelang keberangkatan Jemaah haji Indonesia, para calon Jemaah haji ( Calhaj) diimbau untuk melakukan vaksinasi influenza.

Sebagai informasi, terdapat sebanyak 393 calhaj asal kabupaten Batang yang akan mengikuti manasik haji dengan materi seputar kesehatan dari Dinas Kesehatan.

Selain melakukan vaksinasi Covid-19 dan Meningitis, para calhaj tersebut juga disarankan untuk melakukan vaksinasi Influenza. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan terpapar Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

Berdasarkan keterangan dari Sekretaris Dinas Kesehatan Batang dr. Ida Susilaksmi, vaksinasi Influenza ini telah disarankan untuk para caljah sejak beberapa tahun yang lalu. Terutama bagi para Jemaah lansia.

“Tahun ini Calhaj kembali disarankan mendapat vaksinasi Influensa karena saat ini di Kota Mekah sedang memasuki musim panas. Maka risiko terpapar ISPA lebih tinggi, utamanya jamaah Lansia, maupun bagi mereka yang memiliki masalah pada saluran pernapasan,” katanya, saat menjadi nara sumber utama, pada kegiatan Bimbingan Manasik Haji, di Hotel Dewi Ratih, Kabupaten Batang, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga :   Pagelaran Wayang Akan Digelar di 10 Titik Kelurahan Kota Magelang

Ia menerangkan, seiring dikuranginya kuota jamaah haji untuk Indonesia, maka jumlah petugas yang disiapkan juga berbeda dari beberapa tahun lalu.

“Sebelumnya ketika kondisi normal, petugas kesehatan untuk tiap kloter satu dokter dan dua perawat, namun tahun ini hanya satu dokter dan satu perawat,” jelasnya.

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, para Calhaj pun memperoleh materi tentang kesehatan haji. Diantaranya adalah terkait penyakit yang rawan terjadi selama berada di tanah suci.

“Calhaj patut mewaspadai penyakit-penyakit yang rawan terjadi di sana, dengan memakai alat pelindung diri karena di Bulan Juli menjadi puncak musim panas. Seperti tetap memakai masker, membawa payung, mamakai alas kaki, memakai kacamata hitam, selalu menyemprot wajah dan tubuh serta mengonsumsi air yang cukup,” terangnya.

Ia menambahkan, bagi Calhaj yang memiliki riwayat penyakit seperti hipertensi, diabetes, jantung, kolesterol, asma dan lainnya, persiapkan obat-obatan yang diperlukan setelah konsultasi dengan dokter yang merawat di Tanah Air. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini