Mengenal Sindrom Tourette yang Diidap Billie Eilish

Mengenal Sindrom Tourette yang Diidap Billie Eilish
Mengenal Sindrom Tourette yang Diidap Billie Eilish/tirto.id

Suryamedia.idBillie Eilish diketahui mengidap sindrom Tourette. Pada sebuah wawancara sebagaimana dikutip dari BBC, Billie mengungkapkan jika hidup dengan sindrom ini sangat melelahkan.

Ia telah mengumumkan penyakitnya ini pada tahun 2018 melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya.

Dalam serial Netflix My Next Guest Needs No Introduction bersama David Letterman, ia berbicara mengenai pengalamannya hidup dengan gangguan tic.

Billie Eilish sempat memalingkan mukanya dari Letterman saat mengajukan pertanyaan di sesi wawancara. Ternyata ia tengah mengalami episode tic karena sindrom Tourette-nya saat itu.

“Jika Anda merekam saya cukup lama, Anda akan melihat banyak (episode) tics,” kata Eilish dikutip dari Detik.com.

Billie Eilish diketahui didiagnosis mengidap sindrom Tourette saat berusia 11 tahun. Ia mengalami episode tic pertamanya yaitu gerakan menutup mata atau membuka mulut sangat lebar.

“Respons paling umum yang diberikan orang adalah mereka tertawa karena berpikir saya sedang bercanda dan selalu berkata, “Ha!”. Saya selalu merasa sangat tersinggung dengan itu,” kata Eillish.

Baca Juga :   Inilah Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

Dilansir dari Alodokter.com, sindrom Tourette merupakan gangguan yang membuat penderitanya melakukan tic, yaitu gerakan atau ucapan berulang yang dilakukan di luar kendali penderita.

Sampai saat ini, penyebab pasti sindrom Tourette masih belum dapat diketahui. Namun, ada dugaan bahwa sindrom Tourette ini disebabkan oleh beberapa hal seperti kelainan gen yang diturunkan dari orang tua, dan kelainan pada zat kimia otak (neurotransmitter) dan pada struktur atau fungsi basal ganglia, yaitu bagian otak yang mengontrol gerak tubuh.

Selain itu, penyebab lain yang diduga bisa menjadi penyebab sindrom ini yaitu gangguan yang dialami ibu selama masa kehamilan atau saat melahirkan, stres dalam masa kehamilan, proses persalinan yang berlangsung lama, atau bayi lahir dengan berat badan yang di bawah normal. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini