Kenali Gaya Komunikasi Temanmu dan Tips Menghadapinya

Kenali Gaya Komunikasi Temanmu dan Tips Menghadapinya
Kenali Gaya Komunikasi Temanmu dan Tips Menghadapinya/unsplash.com

Suryamedia.id – Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial, pasti tak pernah lepas dari interaksi dan komunikasi dengan orang lain. Interaksi dan komunikasi merupakan jembatan bagi seseorang untuk mengenal dan saling memahami antar individu satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, memiliki interaksi dan komunikasi yang baik merupakan hal yang perlu dimiliki setiap orang. Salah satu cara untuk dapat berkomunikasi baik dengan orang lain yaitu dengan memahami gaya komunikasi masing-masing orang.

Berikut ini gaya komunikasi yang perlu Anda ketahui dan cara menghadapinya.

Pertama, komunikasi pasif. Orang yang memiliki gaya komunikasi pasif cenderung merupakan orang yang pendiam. Mereka tidak akan menyukai perdebatan dan cenderung menghindarinya.

Ciri orang dengan komunikasi pasif yaitu ia akan susah mengatakan tidak atau menolak sesuatu, menghindari kontak mata denga orang lain, dan sering meminta maaf.

Bagi Anda yang menemukan teman seperti ini atau Anda sendiri adalah orang dengan tipe ini, maka cara mengatasinya adalah dengan melakukan komunikasi secara face to face atau pribadi, karena umunya orang dengan tipe komunikasi ini lebih nyaman berbicara secara pribadi. Kemudian dorong ia agar menyampaikan pendapatnya tanpa memaksa.

Baca Juga :   Cara Mudah Mengencangkan Lengan Menggelambir

Bagi Anda yang memiliki gaya komunikasi pasif, maka sebaiknya terus melatih diri untuk berkomunikasi. Jangan menghindari komunikasi, sebaliknya berusaha selalu mencari topik untuk dibicarakan saat sedang santai dengan teman juga bisa menjadi salah satu latihan. Anda bisa mengenali situasi seperti apa yang membuat Anda nyaman berkomunikasi.

Kedua, komunikasi agresif. Orang dengan komunikasi ini biasanya akan banyak berbicara dan menjadi orang yang ramai saat mengobrol.

Ciri orang dengan gaya ini adalah melakukan kontak mata intens dan gaya bicara yang keras. Mereka cenderung menyuruh dan kurang mendengarkan pendapat orang lain.

Untuk menghadapi orang seperti ini maka Anda harus bersabar dan tidak mudah terpengaruh dengannya. Hindari berdebat yang berlebihan hingga melibatkan emosi. Namun pertahankan ketegasan dan ketenangan Anda.

Apabila Anda memiliki gaya komunikasi ini, maka sebaiknya Anda berlatih untuk bersikap tenang dan tidak menggunakan emosi berlebihan. Cobalah untuk tidak mendominasi saat berkomunikasi dengan orang lain.

Ketiga, komunikasi pasif-agresif. Orang dengan gaya komunikasi ini biasanya cenderung kelihatan pasif, namun mereka akan menjadi agresif saat menginginkan suatu tujuan.

Baca Juga :   Beragam Manfaat Kunyit, Sembuhkan Batuk Hingga Cegah Tumor

Mereka juga cenderung memiliki kata-kata yang menyenangkan, namun perilakunya kadang tidak menunjukkan hal yang demikian.

Orang dengan tipe ini terkadang juga bisa menjadi manipulatif, atau menggiring sesuatu secara diam-diam kepada hal yang ia tuju.

Cara menghadapi orang yang seperti ini yaitu cobalah untuk berbicara dengannya secara pribadi. Anda dapat meminta pendapatnya akan sesuatu secara jujur dan terbuka.

Namun apabila Anda adalah orang dengan gaya komunikasi ini, Anda bisa mencoba untuk berbicara jujur dan terbuka dalam kesempatan yang ada.

Keempat, komuniksi asertif. Gaya komunikasi ini merupakan gaya komunikasi yang banyak disenangi. Karena orang dengan gaya ini biasanya dapat melakukan komunikasi dengan tepat sesuai porsinya.

Mereka terbuka terhadap sesuatu, namun tidak berlebihan. Mereka bisa mengungkapkan ide, namun juga dapat mendengarkan pendapat orang lain degan baik.

Cara menjadi orang asertif adalah dengan berusaha percaya diri dalam menyampaika ide dan gagasan yang dimiliki. Namun juga belajar untuk mendengarkan orang lain dengan baik.

Demikian gaya komunikasi dan tips menghadapinya yang perlu Anda ketahui demi tercapainya komunikasi yang baik. (*)

Baca Juga :   Bahaya di Balik Terlalu Banyak Minum Soda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini