Hindari Hal Ini Jika Anda Penderita Gerd

Hindari Hal Ini Jika Anda Penderita Gerd
Hindari Hal Ini Jika Anda Penderita Gerd

Suryamedia.id – Para penderita gerd (gastroesophageal reflux disease) atau biasa dikenal dengan asam lambung tentu memiliki pantangan makanan maupun kebiasaan.

Hal ini dikarenakan lambung menjadi sensitif dan dan mudah kambuh jika penderitanya memakan atau melakukan suatu hal yang menjadi pemicu asam lambung.

Berikut ini hal atau kebiasaan yang perlu Anda hindari sebagai penderita Gerd.

Pertama, tidak makan berlebihan. Alih-alih ingin mengisi perut agar tidak terkena gerd, makan yang terlalu banyak malah justru bisa memicu terjadinya Gerd.

Hal ini dikarenakan makan yang banyak dapat membuat lambung menjadi membesar. Sehingga dapat meningkatkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah atau lower esophageal sphincter (LES).

LES sendiri merupakan katup yang berada di antara bagian kerongkongan dan lambung manusia. Apabila terjadi peningkatan tekanan pada LES, maka akan terjadi reaksi heartburn.

Daripada Anda makan tiga kali sehari dalam porsi besar, akan lebih baik Anda makan enam kali namun dalam porsi yang kecil.

Atau dapat juga tiga kali makan dengan porsi sedikit, dengan diselingi tiga kali camilan. Hal ini akan bisa membantu Anda menjaga perut agar tidak terlalu kenyang, serta mencegah produksi asam lambung yang berlebihan.

Baca Juga :   Faktor Penyebab Kulit Nampak Lebih Tua

Kedua, hindari makan terburu-buru. Apabila Anda makan terlalu cepat atau terburu-buru, maka  lebih sulit bagi sistem pencernaan Anda untuk berfungsi dengan baik. Pencernaan yang buruk dapat meningkatkan kemungkinan kita terkena heartburn.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini