Mengenal Visual Hierarki dalam Menciptakan Desain yang Powerful

Mengenal Visual Hierarki dalam Menciptakan Desain yang Powerful
Mengenal Visual Hierarki dalam Menciptakan Desain yang Powerful/unsplash.com

Suryamedia.id – Visual hierarki merupakan pengetahuan yang penting dimiliki dalam bidang desain. Membuat karya desain yang menarik dan enak untuk dilihat terkadang tidaklah mudah. Seseorang harus memiliki kepekaan dan selera yang baik pula untuk bisa menciptakan desain yang bisa diterima dengan baik oleh publik.

Selain hal itu, seseorang juga perlu memperhatikan visual hierarki desain jika ingin menciptakan karya yang bagus.

Visual hierarki sendiri berarti tata letak atau layout dari elemen suatu desain, di mana sesuatu yang penting dalam desain perlu untuk lebih ditonjolkan dan diperlihatkan dibandingkan dengan elemen lain yang kurang penting.

Hal ini berarti, saat seseorang melihat hasil desain Anda, maka orang tersebut akan langsung memahami hal utama yang ingin Anda sampaikan.

Apabila desain Anda adalah berupa promosi, maka dengan visual hierarki seseorang mampu menangkap info yang ada dalam desain tersebut, yang kemudian mendorongnya untuk melakukan aksi selanjutnya. Misalkan saja pembelian.

Visual hierarki ini sebenarnya tidak hanya berlaku pada karya desain grafis, namun juga aplikasi, tampilan website, poster, dan juga flyer.

Baca Juga :   Manfaat Kawista, Menangkal Radikal Bebas hingga Turunkan Gula Darah

Secara lebih lengkap prinsip visual hierarki terdiri dari hal-hal berikut ini.

Pertama, ukuran dan skala elemen. Informasi atau elemen yang penting perlu ditampilkan dengan ukuran yang lebih besar. Sebagaimana pada umumnya orang, yang akan lebih dulu menyadari atau melihat gambar berukuran besar.

Selain itu, audience juga akan lebih terbantu untuk mendapatkan informasi utama dari karya Anda dengan melihat yang dominan.

Kedua, pilihan warna dan kontras. Selain ukuran, hal yang memudahkan audience untuk menangkap informasi utama adalah pilihan warna dan kontras yang digunakan.

Pilihan warna dan kontras juga akan mempengaruhi apakah sebuah elemen akan dibuat menonjol atau tidak.

Warna-warna hangat seperti kuning, merah, akan lebih menonjol jika dipadukan dengan warna-warna latar yang gelap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini