Beragam Manfaat Kunyit, Sembuhkan Batuk Hingga Cegah Tumor

Beragam Manfaat Kunyit, Sembuhkan Batuk Hingga Cegah Tumor
Beragam Manfaat Kunyit, Sembuhkan Batuk Hingga Cegah Tumor/alodokter

Suryamedia.idKunyit merupakan tanaman rempah yang memiliki banyak manfaat termasuk bagi kesehatan manusia.

Kunyit atau juga bisa disebut kunir, biasanya dipakai oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu penyedap makanan.

Tanaman ini memiliki nama latin Curcuma longa, dan merupakan tanaman rempah dan obat yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap dalam produk kosmetik dan kecantikan.

Berikut ini berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan manusia.

Pertama, mengatasi bau amis dari menstruasi. Minuman kunyit asam atau kunir asem, biasanya direkomendasikan untuk diminum mereka yang sedang mengalami menstruasi. Tak hanya bisa melancarkan menstruasi, kunyit juga bisa mengatasi bau amis saat menstruasi.

Kedua, meredakan sakit maag. Manfaat lain kunyit juga dapat meredakan penyakit maag serta masalah pencernaan lain. Kunyit bertindak sebagai agen yang dapat mencegah infeksi bakteri, akan membantu meredakan perih di lambung.

Ketiga, meredakan batuk. Kunyit yang direbus bersama jahe serta gula merah bisa mengobati batuk. Diminum sehari sekali setelah makan hingga penyakit batuk Anda akan mereda dan sembuh.

Baca Juga :   Ubah Desain Kamu Jadi Penghasilan dengan Cara Ini

Keempat, bisa menyembuhkan amandel. Mengonsumsi kunyit yang sudah dihaluskan lalu diambil airnya, dan dicampurkan dengan jeruk nipis serta madu akan membantu mengobati amandel. Anda bisa meminum ramuan ini setiap hari sekali dan amandel akan cenderung kempes.

Kelima, bisa menghambat pertumbuhan tumor. Kunyit putih memiliki manfaat menghambat pertumbuhan tumor dan sel kanker. Dikonsumsi setiap hari, dan dianjurkan untuk mengurangi menu makanan yang berlemak.

Keenam, menyembuhkan jerawat. Manfaat kunyit bagi kecantikan yaitu bisa menghaluskan dan memutihkan kulit. Selain itu juga bisa menyembuhkan jerawat. Baik diaplikasikan sebagai masker maupun diminum, jerawat akan niscaya kering dan hilang.

Ketujuh, memperlancar ASI. Bagi Ibu menyusui, kunyit juga disebutkan dapat memperlancar ASI. Namun, dianjurkan agar ibu mengonsumsi kunyit yang dibuat sendiri saja dan bukan minuman instan. Kandungan pengawet dan pewarnanya bisa berbahaya bagi si kecil.

Demikian berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan manusia. Kunyit akan menjadi alternatif obat yang murah dan mudah didapat. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini