34.677 Pelanggaran Lalu Lintas di Jateng Terekam Kamera ETLE

34.677 Pelanggaran Lalu Lintas di Jateng Terekam Kamera ETLE
Foto: Ilustrasi pemantauan menggunakan kamera ETLE

Suryamedia.id – Operasi Patuh Candi 2022 juga tengah digencarkan di wilayah Jawa Tengah. Berdasarkan catatan dari Kepolisian Daerah Provinsi Jawa Tengah, sebanyak 34.677 Pelanggaran Lalu Lintas Terekam Kamera ETLE.

Total tersebut merupakan catatan pelanggaran selama kurun waktu satu minggu penerapan Operasi Patuh Candi 2022.

Sebanyak Puluhan ribu pelanggar lalu lintas tersebut terekam dari kamera ETLE Mobile dan Statis yang tersebar di sejumlah titik lokasi di 35 Kabupaten-Kota di Jawa Tengah.

Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho mengatakan, dari 34.677 pelanggar lalu-lintas yang terekam ETLE, telah tervalidasi 29.621 pelanggaran yang tidak mengenakan helm, pajak plat nomor habis, berboncengan tiga orang, tidak mengenakan sabuk pengaman, dan menerobos lampu merah hingga melawan arus.

“Selama Operasi Patuh sepekan dari 13 hingga 17 Juni, kamera ETLE kami merekam 34.677 pelanggaran lalu-lintas oleh warga. Dari jumlah tersebut, tervalidasi sebanyak 29.621 pelanggaran, baik itu tidak mengenakan helm standar, berboncengan tiga, melawan arus, plat nomor habis, sampai menerobos lampu merah,” jelas Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho di Mapolda Jawa Tengah, Minggu (19/06/22).

Baca Juga :   Hari Ini, Pendaftaran Mudik Gratis Kereta Api Dimulai

Ia juga menjelaskan bahwa pihak kepolisian akan langsung mengirimkan surat kepada para pelanggar lalu-lintas yang tervalidasi oleh kamera ETLE.

Dalam surat tersebut nantinya akan dilengkapi dengan foto adegan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh warga penerima surat dengan identitas yang diketahui.

“Kalau kita cepat ya, begitu tervalidasi kita langsung kirimkan surat cinta ke warga pelanggar. Istilahnya surat cinta saja, lengkap identitas dan foto adegan pelanggaran. Jadi kami punya sistem kurir sendiri untuk pengiriman surat ini supaya prosesnya berjalan cepat. Sudah ada 29.055 surat yang sudah kita kirimkan langsung ke warga,” tutur Perwira Menengah Polda Jateng

Penegakan hukum berlalulintas di wilayah hukum Polda Jawa Tengah dengan kamera ETLE yang diterapkan sejak Januari lalu berhasil meningkatkan pendapatan negara hingga 114%, yang berasal dari denda pajak kendaraan bermotor dan denda tilang. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini