Membedah First Principle Thinking yang Dimiliki Para CEO Bisnis

Membedah First Principle Thinking yang Dimiliki Para CEO Bisnis
Membedah First Principle Thinking yang Dimiliki Para CEO Bisnis/unsplash

Suryamedia.id – Banyak para tokoh sukses di dunia bisnis seperti Elon Musk yang dianggap memiliki pemikiran out of the box karena first principle thinking yang dimilikinya.

First principle thinking menjadi hal yang mengantarkan seseorang untuk bisa berinovasi dan menjalankan bisnis yang berbeda dengan para orang pada umumnya.

Prinsip ini sebenarnya dicetuskan pertama kali oleh Aristoteles. Di mana ia percaya bahwa manusia bisa belajar lebih banyak jika mampu memahami prinsip-prinsip dasar dari suatu subjek atau hal.

Lawan dari first principle thinking adalah berpikir analogi. Berpikir analogi adalah ketika seseorang mengambil apa yang sudah ada dan memperbaikinya, artinya kita berada dalam bayang-bayang orang lain.

Berpikir analogi memang bermanfaat, membuat masalah yang kompleks lebih mudah untuk dikomunikasikan dan meningkatkan pemahaman.

Namun, mereka membatasi keyakinan kita tentang apa yang mungkin dan memungkinkan orang untuk berdebat tanpa pernah mengungkap pemikiran kita. Berbagai analogi menggerakkan kita untuk melihat masalah dengan cara yang sama seperti orang lain melihat masalah.

Baca Juga :   Ternyata Ini Makna Takjil Sebenarnya

Berpikir analogi adalah cara berpikir kita pada umumnya. Berpikir analogi tidak bisa menggantikan pemahaman. Meskipun lebih mudah bagi otak kita untuk bernalar dengan analogi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini