Peringatan Khaul Ki Ageng Imam Puro ke-16 Berlangsung Meriah

Peringatan Khaul Ki Ageng Imam Puro ke-16 Berlangsung Meriah
Peringatan Khaul Ki Ageng Imam Puro ke-16 Berlangsung Meriah

Pati, Suryamedia.id – Keluarga besar Ki Ageng Imam Puro bersama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Mojomulyo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati memperingati Khaul Ki Ageng Imam Puro pada Minggu, 3 Juli 2022.

Acara yang diselenggarakan di Dusun Mojogerot itu diawali dengan prosesi kirab budaya. Sejumlah gunungan berisi hasil bumi pun diarak oleh warga desa setempat. Arak-arakan tersebut dipimpin oleh cucu Mbah Demang Cokrodikromo dari Yogyakarta yang masih memiliki garis keturunan dengan Ki Ageng Imam Puro, yakni Dewi Larasati Asrori Aidapati.

Suasana semakin menarik saat para seniman jathilan memandu berlangsungnya arak-arakan yang dimulai dari depan Balai Desa Mojomulyo menuju ke lokasi Makam Ki Ageng Imam Puro. Bahkan warga setempat maupun dari desa lain antusias menyaksikan dan mengabadikan momen jathilan yang jarang digelar di Pati.

Acara dimulai dengan pelepasan sepasang burung dara yang melambangkan tolak bala. Pelepasan burung dilakukan secara langsung oleh Kepala Desa (Kades) Mojomulyo, Mat Kosim dengan didampingi perwakilan panitia acara, Sunardi.

Selanjutnya, Mat Kosim mengajak warga yang menyaksikan acara menyerbu hasil bumi di gunungan-gunungan yang tersedia. Terlihat Kades Mojomulyo naik ke atas gunungan untuk membagikan hasil bumi kepada warga.

Baca Juga :   News Grafis : 3 PPL Positif Covid-19

Ia merasa bangga acara kebudayaan yang digelar di desanya berlangsung meriah dengan kemasan adat Jawa.

“Syukur alhamdulillah acara ini dihadiri masyarakat dengan penuh antusias, ramai dan banyak yang mendukung. Mereka datang untuk tahu adat Jawa yang harus dilestarikan,” ucap Mat Kosim di sela-sela acara.

Ia menjelaskan, acara ini berlangsung atas izin dari Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Tambakromo. Pihaknya juga mengundang Camat Tambakromo sebagai tamu kehormatan di acara tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini