6 Drama Korea Ini Melawan Stigma di Korea Selatan, Apa Saja?

Suryamedia.id – Drama Korea memang populer dan banyak menjadi hiburan bagi banyak orang di berbagai negara.

Banyak orang menyukai drama Korea karena cerita dan genre yang dihadirkan beragam. Bahkan tak jarang drama Korea dengan berani menyajikan cerita yang melawan stigma di Korea Selatan.

Berikut ini 6 drama Korea yang melawan stigma di Korea Selatan.

Drama It’s Okay to Not Be Okay

Drama ini bercerita mengenai Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) yang merupakan pengasuh di rumah sakit jiwa. Ia kemudian dipertemukan dengan wanita bernama Go Moon Young (Seo Ye Ji), yang menulis buku anak-anak.

Kang Tae memiliki kakak laki-laki bernama Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang merupakan seorang autis. Drama ini banyak menyoroti masalah kesehatan mental. Banyak karakter di dalamnya yang berjuang melawan kesehatan mental yang umum dihadapi orang-orang dalam kehidupan nyata.

Drama ini juga mengajarkan mengenai pelukan kupu-kupu yang memang dalam kesehatan dipakai untuk membantu seseorang yang dalam kondisi sangat cemas.

Drama ini pun menjadi drama yang melawan stigma mengenai kesehatan mental yang selama ini dianggap tabu di Korea Selatan dan memberikan pemahaman bahwa penting untuk meminta bantuan saat dalam kondisi mental yang tidak baik.

Baca Juga :   David Beckham Idap OCD dan Alami Kecanduan Rasa Sakit

Drama It’s Okay, That’s Love

Drama ini akan banyak menguras emosi Anda. Drama ini juga mengangkat topik mengenai penyakit mental yang dipadukan dengan kehidupan romansa. Karakter utama pria dalam drama ini menderita skizofrenia.

Drama ini juga membantu mengurangi stigma seputar kesehatan mental di Korea yang memang saat itu masih menjadi hal yang disepelekan oleh banyak pihak bahkan dianggap aneh.

Drama ini jugs mengajarkan bahwa tidak apa-apa jika Anda meminta bantuan jika memerlukan.

Drama The Universe’s Star

Drama ini berkisah mengenai Byul Yi (Ji Woo) yang meninggal dalam kecelakaan mobil yang tragis. Ia kemudian menjadi malaikat maut.

Byul Yi sendiri adalah seorang penggemar berat Woo Joo (Suho), yaitu seorang penyanyi atau idol  terkenal. Dalam posisinya sebagai malaikat maut, ia masih terus mengagumi Woo Joo.

Kehidupan pribadi Woo Joo pun banyak terungkap dan menunjukkan sisi lain dari kehidupan seorang idol atau penyanyi terkenal.

Woo Joo mengalami kondisi di mana ia tidak sepopuler dulu dan sedang berjuang untuk membuat lagu hit demi mendapatkan kembali popularitasnya. Dilain sisi, ia juga mengalami depresi dan membuatnya harus terus minum obat.

Baca Juga :   JK Rowling Tulis Buku Baru The Ink Black Heart, Cerita Tentang Transfobia

Hal ini seakan memberikan semua orang gambaran mengenai kehidupan idol dalam kehidupan nyata dan melawan stigma mengenai kehidupan idol yang serba enak. Bahwa ada konsekuensi negatif yang datang dengan tekanan saat menjadi idola top.

Penyakit mental juga tak lepas dialami oleh banyak idol populer. Kekalahan, perasaan rendah diri, depresi, dan perasaan tidak bahagia secara keseluruhan adalah semua hal yang dialami oleh banyak idola.

Drama Our Blues

Drama ini akan menunjukkan kepada Anda berbagai masalah dalam kehidupan nyata yang dialami para karakter di dalamnya. Isu yang banyak disinggung dalam drama ini diantaranya seperti disabilitas, depresi, single parent, hingga aborsi.

Drama ini juga menceritakan mengenai kehamilan remaja dan bagaimana mereka bertahan dengan memutuskan untuk mempertahankan bayi mereka.

Korea Selatan sendiri menganggap kehamilan remaja sangat remeh. Oleh karena itu, Our Blues melawan stigma itu dan memberikan sedikit kenyamanan bahwa masih ada pilihan dan solusi untuk menghadapi situasi seperti itu.

Drama Extraordinary Attorney Woo

Drama ini bercerita mengenai Woo Young Woo (Park Eun Bin) yang merupakan seorang pengacara jenius dan memiliki autisme.

Baca Juga :   Netizen Soroti Momen Ahn Hyo-Seop dan Lee Sung-Kyung di SBS Drama Awards 2023

Meski begitu, ia mampu menghafal buku-buku hukum sejak usia muda dan ia juga bekerja di firma hukum sebagai orang dewasa.

Drama ini memberikan Anda pikiran terbuka mengenai seorang yang mengidap autisme di usia muda. Cerita yang disajikan akan memberikan setiap orang kesadaran bahwa autisme mampu melakukan hal luar biasa sebagaimana orang pada umumnya.

Dan drama ini melawan stigma buruk mengenai seorang autis.

Drama Good Doctor

Drama ini juga menceritakan mengenai seorang dokter yang menderita autisme. Meskipun karakter utama drama ini dianggap memiliki kesadaran sosial selayaknya anak berusia 10 tahun, namun ia adalah orang jenius dan menjadi ahli bedah anak yang sukses.

Drama Good Doctor merupakan serial K-drama pertama yang memiliki karakter autis sebagai pemeran utama. Banyak karakter autis lainnya yang juga dilibatkan untuk berperan.

Drama ini juga membawa kita kepada pemahaman yang lebih baik mengenai autis.

Demikian 6 drama Korea yang melawan stigma di Korea Selatan. Drama mana yang sudah Anda tonton? (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *