Ingin Diet, Konsumsi 7 Makanan Rendah Kalori Ini

Suryamedia.id – Jika ingin sukses menjalani diet, maka Anda perlu mengonsumsi makanan rendah kalori. Selain bisa mempercepat proses penurunan berat badan, makanan rendah kalori juga bisa memberikan kesehatan bagi tubuh.  

Berikut ini 7 makanan rendah kalori yang bisa Anda konsumsi untuk gaya hidup sehat.

  1. Dada Ayam

Dada ayam merupakan daging tanpa lemak yang memiliki rendah kalori dengan tinggi protein. Tak hanya menjadi sumber protein, dada ayam juga mengandung niasin, selenium, hingga vitamin B12 yang tentu saja sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Per 100 gram daging ayam memiliki kandungan 0 gram serat dan 29 gram protein dan 195 kalori. Sedangkan 85 gram dada ayam mengandung sekitar 100 kalori.

2.       Telur dan Putih Telur

Sebutir telur mengandung sekitar 72 kalori, 6 gram protein, vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.

Sementara itu, bagian putih telur dapat dikonsumsi mentah dan diketahui lebih menyehatkan. Hal tersebut karena dalam per 100 gram putih telur ada sekitar 0 gram serat, 11 gram protein, dan 51 kalori. Selain dikonsumsi mentah, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan merebus atau mengukusnya.

Baca Juga :   Lemon Tea, Minuman Nikmat Kaya Manfaat

3.       Udang

Dalam 4 ekor udang ukuran besar yang dimasak terdapat kandungan sekitar 26 kalori. Konsumsi udang bisa juga dilakukan dengan menambahkan sayur-sayuran rebus bagi Anda yang sedang berdiet. Tidak hanya itu saja, udang juga mengandung banyak protein, selenium, niasin, dan vitamin B12 yang tinggi.

4.        Tahu

Tahu merupakan makanan yang mudah didapatkan dan bisa dimakan dari berbagai kalangan masyarakat. Tahu memiliki sumber protein nabati yang sangat baik untuk mengendalikan berat badan.

Tidak hanya itu saja, tahu banyak mengandung air dan mineral, sementara kalorinya sangat rendah sehingga cocok untuk para pejuang diet. Tahu sebaiknya diolah dengan cara direbus untuk mendapatkan khasiatnya karena hanya mengandung sekitar 80 kalori saja, dengan 10,9 gram protein dan 4,7 gram lemak.

5.       Terong

100 gram terong mengandung sekitar 3 gram serat pangan, 1 gram protein dan 24 kalori. Terong juga bisa digunakan untuk mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Bagi Anda yang ingin merasakan khasiatnya, lebih baik mengolahnya dengan selain menggorengnya. Karena terong akan menyerap lebih banyak minyak dan dapat merusak mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Anda bisa merebusnya.

Baca Juga :   8 Langkah Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

6.       Kentang

Kentang bisa menjadi alternatif pengganti nasi karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu, kentang juga merupakan sayuran rendah kalori. Dalam 100 gram kentang terdapat sekitar 3 gram serat, 2,6 protein dan 144 kalori.

Memasaknya dengan digoreng akan membuatnya tinggi akan lemak. Oleh karena itu lebih baik direbus dan dikonsumsi untuk sarapan.

7.       Alpukat

Alpukat memiliki manfaat untuk melancarkan saluran pencernaan sekaligus mengandung rendah kalori. Dalam 100 gram buah alpukat terdapat sekitar 7 gram serat, 2 gram protein dan 160 kalori. Alpukat bisa diolah dengan dijadikan salad atau minuman jus.

Demikian 7 makanan rendah kalori untuk gaya hidup sehat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *