Happy Salma dan Nicholas Saputra Kerja Sama Gelar Pentas Sundamala

Suryamedia.id – Happy Salma dan Nicholas Saputra bekerja sama dalam menggelar pentas Sundamala: Dari Epilog Calonarang di Jakarta. Di mana, pentas tersebut berasal dari tradisi Bali.

Pementasan tersebut akan diadakan di tanggal 10-11 Septembe 2022 bertempat di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat. Gelaran acara ini merupakan hasil kolaborasi dari 90 seniman Bali.

“Ini pertunjukan pertama kali kami membawa seni tradisi di kota besar. Jadi epilog ini merupakan bagian dari Calonarang, pertunjukan yang selalu ada di upacara-upacara di Bali,” ujar Happy Salma.

Happy Salma mengungkap ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa tradisi bukanlah musuh modernitas.

“Biasanya ada 6-8 jam, tapi kami peras intisarinya menjadi sekitar 2 jam. Inilah gagasannya bahwa tradisi bukanlah musuh modernitas,” lanjutnya.

Happy Salma menjelaskan bahwa pertunjukan tersebut akan digelar dalam format universal berbahasa Indonesia. Ia mendapat inspirasi usai melihat kesuksesan pentas Taksu Ubud dari Titimangsa di Bali pada 2021. Nicholas pun saat itu langsung mengajak Happy Salma membawa tradisi tersebut di kota.

Baca Juga :   Spoiler Manga One Piece 1055

“Waktu itu saya mengatakan ‘rasanya agak sulit Nicholas, karena tradisi membawa ke kota besar itu bukanlah hal yang mudah’, karena harus ada kaitan relevansi yang sangat kuat,” kata Happy Salma.

“Hingga akhirnya, kami menemukan sebuah katalog dari saudara saya, Cokorda Gede Bayu, sahabatnya Nicholas juga, dia memperlihatkan sebuah katalog Calonarang yang dibawa ke Paris Expo pada 1931,” lanjutnya.

Berhasil menggandeng puluhan seniman, Happy Salma mengaku bahwa hal itu bisa terjadi berkat ayah mertuanya Tjokorda Raka Kerthayasa yang membantu menjembatani dirinya dengan para seniman itu.

Diketahui, Sudamala: Dari Epilog Calonarang ini akan menjadi debut Nicholas Saputra sebagai produser pertunjukan teater.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *