7 Aplikasi Android untuk Muslim yang Bermanfaat

Gadget, Teknologi1 Dilihat

Suryamedia.id – Sekarang ini, tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk tidak mendekatkan diri kepada – Nya, apalagi zaman sekarang telah mengalami kemajuan teknologi dan ada aplikasi android untuk muslim yang bermanfaat untuk mendukung ibadah sehari – hari.

Aplikasi android ini menyediakan banyak fitur mulai dari adzan hingga pembayaran kurban. Kemajuan teknologi mendorong munculnya berbagai aplikasi, salah satunya adalah aplikasi android untuk Muslim yang bermanfaat membantu keseharian umat muslim.

Keberadaan aplikasi ini bertujuan untuk beribadah dan mendekatkan diri dengan Allah SWT. Dengan hadirnya aplikasi semacam ini, pengguna dapat melaksanakan serta memahami ajaran agama Islam dengan baik dan benar.

Berikut aplikasi android untuk muslim yang bermanfaat :

 

Aplikasi Android Untuk Muslim

 

  1. Muslim Pocket

Aplikasi android untuk Muslim yang pertama adalah Muslim Pocket.

Dalam aplikasi ini menyediakan waktu sholat dan azan yang diklaim paling akurat. Aplikasi Islam ini juga dilengkapi dengan tulisan Arab, fonetik, terjemahan dan bacaan audio serta pencari kiblat, kalender Hijriah Islam.

Kamu juga bisa mengetahui restoran halal dan masjid terdekat dari lokasi. Fitur ini sangat membantu ketika kamu dan keluarga pergi keluar kota maupun keluar negeri.

  1. Tuntunan Sholat Lengkap

Sudahkah kamu melakukan Sholat dengan tata cara yang benar? Jika kamu ragu, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Tuntunan Sholat Lengkap.

Aplikasi ini berisikan pengetahuan tentang bacaan-bacaan sholat, dzikir, serta berbagai macam kumpulan doa pendek. Kamu juga bisa melihat panduan berwudhu. Selain itu bacaan dan gerakan sholatnya pun tampak jelas dan mudah untuk diikuti. Kamu tinggal mengikuti segala panduan yang sudah disediakan.

Baca Juga :   Cara Mengunci Whatsapp di Handphone dengan Mudah

Dengan adanya aplikasi ini, mudah-mudahan kamu jadi lebih paham dan mengerti tentang tata cara sholat yang baik dan benar sesuai dengan apa yang di ajarkan oleh agama Islam.

  1. Umma

Umma adalah platform informasi bagi umat Islam untuk mempraktikkan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Platform umma terdiri dari alat dan konten untuk mendukung aktivitas Muslim sehari-hari.

Aplikasi android untuk muslim Umma memiliki fitur antara lain Al-Qur’an, jadwal sholat, alarm adzan, notifikasi adzan, arah kiblat hingga konten yang berkaitan dengan puasa dan fitur Ramadhan.

Saat mengunduh aplikasi ini, kmau juga bisa melihat artikel – artikel islam, video studi Islam, taaruf, ayat dan surah populer dari Alquran, hingga kutipan populer tentang Islam.

Umma juga memiliki fitur menarik yakni ‘komunitas’ yang dibuat layaknya grup chat untuk membahas isu – isu tentang Islam. Kehadiran aplikasi Umma ini berfungsi sebagai teman ibadah dalam membantu pengguna menjadi muslim yang lebih baik.

Tidak hanya itu, untuk bacaan – bacaan Al-Quran, kamu juga dapat memutar bacaan meskipun keluar dari aplikasi. Sehingga, kamu tetap dapat mendengarkan suara bacaan Al-Qur’an saat membuka aplikasi lain.

  1. Muslim Go

Muslim Go merupakan salah satu aplikasi androit untuk muslim karya anak bangsa yang telah mendapat pengakuan dari Kementerian Agama Republik Indonesia dengan lebih dari 1 juta pengguna.

Baca Juga :   Mengenal Visual Hierarki dalam Menciptakan Desain yang Powerful

Aplikasi Islam ini menyajikan beragam informasi, seperti jadwal sholat, penunjuk kiblat, kalendar Islam, peta restoran halal, lokasi masjid serta lantunan adzan shalat.

Fitur menarik yang ada pada aplikasi ini namun tidak ada pada aplikasi lain, yaitu kartu ucapan yang bisa dipakai pengguna saat merayakan hari besar besar Islam.

Fitur menarik lainnya antara lain buku, musik, video, hingga komik islami.

  1. Yaumi

Yaumi merupakan aplikasi muslim dengan banyak fitur bermanfaat yang akan membantu kamu melakukan evaluasi ibadah harian.

Dengan aplikasi Yaumi, kamu juga bisa meningkatkan produktivitas dan kapasitas diri, menambah wawasan dengan konten – konten islami, menambah teman di komunitas Islam, dan lainnya.

Untuk lebih memuaskan pengguna dalam memaksimalkan penggunaan aplikasi, Yaumi terus memperbarui diri dengan menghadirkan fitur – fitur baru yang akan membuat ibadah harian kamu lebih menyenangkan.

Fitur tersebut antara lain reminder ibadah, target ibadah, Al-quran, komunitas muslim, info kajian, artikel islami, jadwal Sholat, arah Kiblat, donasi, zakat.

Dengan berbagai fitur baru, kamu bisa melakukan banyak kegiatan dalam satu aplikasi. Mulai dari pengingat ibadah harian, membaca Al-quran , info – info kajian terdekat, bergabung di komunitas muslim, mencari tahu arah kiblat, mengetahui jadwal sholat, bisa donasi, dan zakat.

  1. Al-Quran Bahasa Indonesia

Al-Quran merupakan sebuah kitab suci umat Islam yang berisikan ajaran dan pendidikan yang berkaitan dengan perbuatan manusia di dunia. Saat ini telah tersedia aplikasi Al-Quran Bahasa Indonesia yang membantu kamu untuk membaca Al-Quran kapanpun.

Baca Juga :   Cara Ampuh Bersihkan Laptop dari File Sampah

Selain itu, aplikasi android untuk muslim buatan Martin Villar ini juga terdapat fitur canggih, salah satunya yakni fitur Lanjutkan Membaca.

Fitur tersebut memungkinkanmu untuk dapat melanjutkan bacaan yang telah kamu baca sebelumnya. Sehingga kamu tidak perlu lagi membutuhkan waktu untuk mencari Surat atau Ayat yang kamu baca pada saat itu.

Semua fitur dalam aplikasi ini gratis tanpa pembatasan. Aplikasi ini terdapat iklan, namun penempatannya tidak pada posisi ketika sedang membaca Al-Qur’an, hasil pendapatan dari iklan ini untuk membantu pengembangan aplikasi ini.

Al-Quran Bahasa Indonesia juga menggunakan tampilan yang sederhana dan ringan. Aplikasi android untuk muslim ini menawarkan beragam fitur antara lain penandaan bacaan terakhir, berbagi ayat – ayat ke media sosial, jadwal sholat, kalender hijrah, arah kiblat, dan lainnya.

  1. Jadwal Sholat dan Imsakiyah

Sholat akan lebih baik jika tepat waktu. Aplikasi android untuk muslim Jadwal Sholat dan Imsak ini akan mengingatkan kamu jika tiba waktu sholat.

Selain itu ada waktu imsakiyah juga yang akan sangat bermanfaat ketika menunaikan puasa.

Pengaturan notifikasinya pun bisa kamu atur sesuai dengan keinginan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur Kompas Kiblat yang bisa mencari arah Kiblat saat sedang bepergian.

 

Itulah 7 aplikasi android untuk muslim yang bermanfaat yang bisa kamu umat Muslim coba. Aplikasi mana yang membuatmu tertarik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *