Syarat Keterlibatan Perempuan 30 Persen Panwascam di Pati Terpenuhi

Syarat Keterlibatan Perempuan 30 Persen Panwascam di Pati Terpenuhi
Foto: Calon Panwascam Pati lakukan verifikasi data di Bawaslu/Mitrapost.com/Anwar

Pati, Suryamedia.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) Kabupaten Pati Jawa Tengah memastikan syarat 30 persen keterlibatan wanita dalam kuota perekrutan panitia pengawas kecamatan ( Panwascam) di Pemilu 2024 telah terpenuhi.

Karto, kepala Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Patia menyatakan, syarat afirmasi gender dalam perekrutan Panwascam selalu menjadi sorotan dalam setiap periode Pemilu.

“Ternyata luar biasa semua (kecamatan terpenuhi 30 persen). Termasuk syarat perpanjang pendaftaran, jika belum ada 30 persen perempuan tapi Semua kecamatan sudah memenuhi semua,” kata Karto saat ditemui di kantor Bawaslu hari ini, Selasa (27/9/2022).

Ketentuan Afirmasi gender termuat dalam Pasal 92 ayat 11 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan Pasal 5 ayat (3) Perbawaslu Nomor 19 Tahun 2017 disebutkan bahwa 30 panitia pengawas kecamatan adalah perempuan.

Jelas Karto, memang pendaftaran Panwascam tahun ini dipermudah. Jika dalam pemilu- pemilu sebelumnya Panwascam harus berdomisili di Kecamatan. Tahun ini setiap orang yang berdomisili di Kabupaten Pati boleh mendaftar menjadi Panwascam di Kecamatan Manapun.

Baca Juga :   Bawaslu Buka Seleksi Panwascam Kabupaten Magelang

Terhitung sejak Selasa (17/9) kemarin, jumlah pendaftar Panwascam pemilu 2024 berJumlah 410 orang yang terdiri dari 268 pria dan 142 wanita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini