Banyak Potensi, Warga Kampung Wisata Batik Kauman Solo Didorong Terus Berinovasi

Banyak Potensi, Warga Kampung Wisata Batik Kauman Solo Didorong Terus Berinovasi
Foto: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kunjungannya di Kampung Wisata Batik Kauman Solo, Sabtu (1/10/2022)/

Surakarta, Suryamedia.id – Memiliki banyak potensi yang bisa dijadikan sebagai tujuan untuk kerajinan batik, warga Kampung Wisata Batik Kauman Solo didorong untuk terus berinovasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kunjungannya di Kampung Wisata Batik Kauman Solo, Sabtu (1/10/2022).

“Di Solo ada yang menarik, karena di Kampung Batik Kauman ini ada kurang lebih 1.000-an desain batik, baik yang kuno banget maupun yang modern. Ini ditampilkan. Kita mengingat kejayaan batik pada masa silam yang hari ini masih bisa kita lihat. Menarik juga di depan saya ini ada adik-adik mahasiswa dari luar Jawa, mereka belajar membatik di sini. Pasti ada experience yang bisa ia dapatkan,” kata Ganjar, seusai berkeliling di melihat pameran batik.

Ganjar menuturkan, sebelumnya Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) juga memberikan arahan untuk mencintai dan membeli produksi dalam negeri. Arahan itu sangat tepat dengan kondisi saat ini. Apalagi kondisi penjual batik sedang berjuang meningkatkan penjualan setelah dihantam pandemi.

Baca Juga :   Pasar Seni dan Budaya Balekambang 2021 Terbuka Untuk Umum

“Tadi saya tanya juga apakah kondisi orang jual batik sudah kembali pada posisi semula. Ternyata dibandingkan saat pandemi, sekarang sudah 70 persen mulai baik. Kalau dikaitkan dengan yang disampaikan oleh Presiden, nggak usah piknik ke luar negeri, ke dalam negeri saja, maka ini adalah bagian dari tempat destinasi wisata yang sangat bagus,” ungkapnya.

“Tadi ada yang ratusan tahun batiknya, terus kemudian orang yang ingin klasik-klasik itu, mereka yang suka batik, saya suka batik kebetulan, itu bisa direproduksi. Bahkan banyak yang bisa pesan kalau mau batik yang seperti itu kita buatkan lagi. Karena mungkin orang sudah tidak bisa mendapatkan lagi batik-batik seperti itu,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini