Sejarah Peringatan Hari Menopause Sedunia 18 Oktober

Sejarah Peringatan Hari Menopause Sedunia 18 Oktober
Sejarah Peringatan Hari Menopause Sedunia 18 Oktober/pixabay

Suryamedia.id – Pada setiap tanggal 18 Oktober, diperingati Hari Menopause Sedunia. Penetapan hari peringatan ini adalah sebagai cara untuk meningkatkan kesadaran mengenai menopause bagi wanita.

Awal mula penetapan Hari Menopause Sedunia ini adalah dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yang melakukan kerja sama dengan International Menopause Society (IMS).

WHO dan IMS pada tahun 1984 silam menetapkan 18 Oktober sebagai tanggal untuk meningkatkan kesadaran dan mendukung wanita yang mengalami menopause.

IMS sendiri sebelumnya didirikan oleh Rodney Baber dalam Kongres Internasional kedua yang membahas Menopause di Yerusalem pada tahun 1978.

Demi memahami menopause, organisasi North American Menopause Society (NAMS) pun didirikan pada tahun 1989. Organisasi ini sepenuhnya didanai sendiri dan memang didedikasikan untuk kepentingan perihal menopause.

Namun karena faktor masyarakat lokal yang dianggap tidak dapat dengan mudah mengatur di satu hari kegiatan yang berhubungan dengan kesadaran, maka IMS merasa perlu satu bulan dijadikan sebagai sarana peningkatan kesadaran perihal menopause.

Hal itulah yang kemudian membuat bulan Oktober ditetapkan sebagai Bulan Menopause Sedunia di tahun 2020.

Baca Juga :   Lagu As It Was Milik Harry Style Pecahkan Guinness World Record

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan dalam memperingati Hari Menopause Sedunia. Misalnya dengan bergabung dalam acara peringatan seperti diskusi hingga seminar. Anda juga bisa mengunjungi halaman web International Menopause Society untuk dapat akses ke berbagai sumber dan toolkits yang tersedia. Ada 10 bahasa yang mendukung di dalamnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini