Komisi B Instruksikan Pemkab Beri Fasilitas Pemasaran untuk Batik Tulis Soneyan

Pati, Suryamedia.id – Sukarno selaku Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, menyarankan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati memberikan fasilitas pemasaran untuk Batik Tulis Soneyan.

Pasalnya, jika Desa Soneyan difasilitasi oleh Pemkab Pati, Sukarno berharap batik produksi asli warga Desa Soneyan, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati itu bisa menembus pasar Internasional.

“Pemerintah Kabupaten Pati harus memfasilitasi pemasaran maupun permodalan sehingga bisa berkembang maksimal, lebih baik lagi bisa menembus pasar luar negeri,” ucap Sukarno, Rabu (19/10/2022).

Selain itu, menurut Sukarno batik yang murni hasil dari produksi warga tersebut mempunyai ciri khas yang sangat unik serta beda dengan batik pada umumnya, sehingga menarik perhatian mata yang melihatnya.

Hal tersebut lantaran adanya filosofis dan budaya warisan leluhur yaitu Tari Topeng, yang sudah sejak ratusan tahun dilestarikan secara turun menurun.

“Batik soneyan yang dirintis oleh Bu Haryati sejak tahun 2015 dengan tema lukisan tari topeng memang unik dan lain dari motif batik umumnya,” kagumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *