Dewan Nilai Kabupaten Pati Belum Bisa Disebut Sebagai Daerah Ramah Disabilitas

Pati, Suryamedia.id – Narso selaku Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati memberikan tanggapannya terkait fasilitas layanan bagi para penyandang disabilitas di Pati.

Ia menilai dengan layanan yang ada saat ini, Kabupaten Pati masih belum bisa disebut sebagai daerah yang ramah bagi para penyandang disabilitas.

“Kabupaten (Pati) belum dapat disebut sebagai daerah yang ramah bagi disabilitas,” ujar Narso kepada Suryamedia.id.

Hal itu karena akses untuk para penyandang disabilitas di ruang publik Kabupaten Pati, masih belum merata.

“Belum meratanya akses untuk penyandang disabilitas di ruang publik,” katanya menjelaskan.

Sebagaimana yang diketahui, para penyandang disabilitas memang perlu mendapat perhatian lebih di ruang publik seperti dalam pelayanan kesehatan, pendidikan, maupun dalam hal pekerjaan. Para penyandang disabilitas tentu memiliki hak untuk bisa mengakses berbagai layanan publik dengan mudah.

Meski layanan ramah disabilitas di Pati masih perlu ditingkatkan, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati sudah berupaya untuk mensejahterakan para penyandang disabilitas melalui berbagai program.

Misalnya program bantuan sepeda motor roda tiga, program kegiatan olahraga untuk disabilitas, hingga ujian SIM khusus disabilitas juga pernah dilakukan.

Baca Juga :   DPRD Pati Harapkan Investasi di Pati Tak Rugikan Masyarakat dan Lingkungan

Dengan memenuhi hak-hak para disabilitas, tentu diharapkan mereka tak lagi merasa terabaikan dan tersisihkan dari kehidupan bermasyarakat.

Pasalnya, Suratno selaku Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Pati pernah menerangkan bahwa masih banyak para penyandang disabilitas yang menutup diri bahkan tersisihkan dari kehidupan sosial masyarakat. (adv)

Editor: Agriantika Fallent

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *