Pati, Suryamedia.id – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pati menyelenggarakan survei kepuasan masyarakat (SKM) terhadap pelayanan publik eksternal. Survey ini diselenggarakan pada triwulan kedua tahun 2022 atau bulan April hingga Juni.
Berdasarkan survey yang dilakukan, kepuasan masyarakat Kabupaten Pati dalam kurun waktu tersebut mencapai skor 89,06 dan masuk kriteria sangat baik (A).
Adapun indikator survei SKM terhadap pelayanan publik eksternal didasarkan kepada 9 unsur pelayanan diantaranya; persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya/tarif, produk pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan, saran dan masukan, serta sarana dan prasarana.
Masing-masing indikator diberikan range penilaian dari 0 hingga 2.000. Rata-Rata nilai unsur pelayanan di seluruh indikator pelayanan dinilai 1.800-an, kecuali indikator sarana dan prasarana yang nilainya 1.798.
Yasin menyadari memang sarana prasarana perlu ditambah bertahap mengingat MPP baru berjalan 2 tahun.
Sedangkan yang paling tinggi tingkat kepuasannya ialah Biaya atau tarif dengan nilai 1.889. Masyarakat secara objektif merasakan yang tidak dikenai biaya lain-lain atau dengan kata lain tidak ada pungli dan gratifikasi saat dilayani.