Simak Syarat Terbaru Penumpang KA Jarak Jauh Selama Nataru

Suryamedia.id – Selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan syarat terbaru bagi penumpang KA jarak jauh.

Aturan terbaru ini mulai diterapkan pada tanggal 19 Desember 2022. Terdapat sejumlah perbedaan dibandingkan syarat sebelumnya.

“Sebelumnya pelanggan usia 6 sampai 12 tahun yang belum vaksin kedua dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah,” ungkap Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus dalam keterangannya yang dikutip pada, Selasa (20/12/2022).

Joni juga mengatakan bahwa pelanggan dengan rentang usia 6-12 tahun yang diperbolehkan tidak melakukan vaksin kedua, lantaran alasan medis.

Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan kereta jarak jauh:

  1. Usia 18 tahun ke atas:
    – Wajib vaksin ketiga (booster)
    – WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
    – Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah
  2. Usia 6-12 tahun:
    – Wajib vaksin kedua
    – Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
    – Tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari puskesmas/fasilitas pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. Jika orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan, mereka harus mengantongi surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan.
  3. Usia 13-17 tahun:
    – Wajib vaksin kedua
    – Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
    – Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah
  4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes Antigen atau RT-PCR, namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.
Baca Juga :   Selama Nataru, Pemprov DKI Jakarta Hentikan CFD

Syarat Naik KA Lokal dan Aglomerasi
– Vaksin minimal dosis pertama
– Tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen atau RT-PCR
– Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah
– Pelanggan dengan usia 6-12 tahun tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari puskesmas/fasilitas pelayanan kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. Jika orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan, mereka harus menunjukkan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan
– Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *