Soil Block, Inovasi Pertanian Murah dan Mudah bagi Petani Bawang dan Cabai

Suryamedia.id – Soil block menjadi salah satu inovasi pertanian murah dan mudah bagi petani bawang dan cabai.

Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Prihasto Setyanto ketika menanam bawang merah di ketinggian Gunung Sumbing, tepatnya di Desa Tuksari, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung beberapa waktu lalu.

Ia pun mendorong para petani bawang dan cabai untuk membudidayakan menggunakan model soil block.

“Soil block merupakan alat untuk membantu persemaian tanpa plastik, sehingga ramah lingkungan. Jadi kalau petani menggunakan model soil block itu lebih murah, mudah, cepat, dan lebih baik. Jadi ini sebuah inovasi untuk pertanian,” katanya, seusai menanam bawang merah di lahan Desa Tuksari, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung beberapa waktu lalu.

Ia menargetkan seluruh provinsi di Indonesia mengembangkan model soil block, agar produktivitas tanaman hortikultura bisa sesuai harapan dan kebutuhan.

“Kami targetkan seluruh provinsi di Indonesia mengembangkan model seperti ini. Model ini yang dikembangkan dari biji bukan umbi, baik bawang merah maupun cabai. Teknologi ini yang mendesain anak-anak muda Jawa Tengah, nanti dikembangkan di seluruh Indonesia,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *