3 Daerah Berpotensi Dilanda Banjir Tinggi Pada Januari 2023

Suryamedia.id – Tiga daerah di Indonesia berpotensi dilanda banjir tinggi pada awal bulan, Januari 2023. Hal tersebut disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Adapun tiga wilayah yang berpotensi dilanda banjir tinggi diantaranya adalah Banten, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi Selatan.

“Untuk Dasarian I Januari 2023, wilayah Indonesia yang diprakirakan memiliki potensi banjir dengan kategori tinggi meliputi Banten (Kabupaten Pandeglang),” ungkap BMKG dalam keterangannya, Jumat (6/1/2023).

“(Kemudian) Nusa Tenggara Timur (Kabupaten Kupang, Kota Kupang), dan Sulawesi Selatan (Kabupaten Barru, Bone Gowa, Jeneponto, Kota Makassar, Maros, Pangkajene Kepulauan, Soppeng, Takalar),” sambungnya.

Berdasarkan jumlah Zona Musim (ZOM), BMKG menjelaskan sebanyak 76 persen wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan. Wilayah yang sudah mengalami musim hujan meliputi sebagian besar Sumatera, dan Jawa.

Selain itu, daerah lainnya antar lain Bali, Kalimantan, NTB, NTT, Sulawesi, Papua Barat dan Papua, sebagian Maluku Utara bagian Utara dan Selatan, serta Maluku bagian Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *