Tanggulangi Banjir, Dewan Dapil Winong Inginkan Penghijauan Jadi Program Kegiatan Prioritas

Pati, Suryamedia.id – Anggota DPRD Kabupaten Pati, Suwarno menginginkan penghijauan menjadi program prioritas pembangunan kecamatan Winong. Hal ini mengingat tingginya potensi banjir yang bisa terjadi di wilayah setempat.

Usulan tersebut ia sampaikan saat menghadiri Rapat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Winong di kantor Kecamatan Winong hari ini, Jumat (17/2/2023).

Suwarno menjelaskan, banjir bandang yang melanda Kecamatan winong utamanya disebabkan oleh kerusakan hutan kendengan. Pegunungan di Pati selatan itu ditanami tanaman semusim seperti ketela dan jagung yang notabene kurang mampu mengikat air.

“Reboisasi kami harapkan program penanggulangan banjir itu nanti dalam jangka panjang terutama di kawasan hutan,” ujar Anggota Dewan dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Reboisasi ini khususnya disarankan untuk wilayah Winong dataran tinggi seperti di Desa Godo, Gunungpanti, dan Pohgading.

Anggota Komisi D itu juga menyarankan agar tanaman jagung dan ketela digantikan tanaman buah seperti durian dan alpukat, bersifat menyerap air.

Baca Juga :   Wakil Rakyat Ingatkan Bahaya Alih Fungsi Lahan di Pegunungan Kendeng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *