Dewan Nilai Data yang Valid Berpengaruh pada Pengambilan Kebijakan

Pati, Suryamedia.id – Salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, M Nur Sukarno menjelaskan pentingnya data yang valid bagi pemerintah baik itu di tingkat daerah, provinsi, maupun pusat.

Menurutnya, data yang valid memberi pengaruh yang besar dalam pengambilan kebijakan atau keputusan.

“Data yang valid sangat berpengaruh signifikan dalam pengambilan kebijakan,” jelas Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati tersebut.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Peningkatan Daya Saing, Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), Guntur Iman Nefianto pada September 2022 lalu.

“Data dan informasi merupakan isu yang sangat seksi dan menjadi milestone di beberapa negara, seperti pemenangan peperangan, pemenangan pemilu, hingga sebagai solusi bagi permasalahan ekonomi,” ujarnya dilansir dari website Kementerian Sekretariat Negara RI.

Contoh peran penting data dalam pengambilan kebijakan adalah yang pernah mayoritas masyarakat Indonesia rasakan yaitu mengenai kasus minyak goreng hingga subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Perlu ada data yang valid agar subsidi dapat disalurkan kepada pihak yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *