Wakil Rakyat Bicara soal Kesejahteraan UMKM Lokal

Pati, Suryamedia.id – Wakil rakyat Kabupaten Pati berbicara terkait dengan kesejahteraan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal.

M Nur Sukarno mengungkapkan bahwa permodalam para pelaku UMKM harus diperhatikan untuk membangkitkan perekonomian di Bumi Minta Tani ini.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati tersebut mengungkapkan bahwa UMKM menjadi nyawa roda perekonomian, dapat bertahan dari gempuran pandemi Covid-19.

“UMKM adalah yang paling bertahan dalam situasi apapun, contohnya saat masa pandemi kemarin, yang paling bertahan adalah UMKM,” ucap Sukarno.

Pria yang duduk di komisi B DPRD itu juga mengatakan marketing online perlu digempur kembali agar produk UMKM dapat dikenal luas.

Hal tersebut menjadi kendala bagi pelaku UMKM yang tidak memahami teknologi. Sosialisasi dan peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati diperlukan untuk mengatasi permasalahan itu.

“Setidaknya para pelaku UMKM yang sudah lanjut masih bisa ada solusi, entah dibantu anaknya, atau pegawainya untuk mengelola marketing online,” kata dia.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pengadaan alat-alat pembantu UMKM juga perlu diadakan untuk menggempur produksi yang dijalankan.

Baca Juga :   Dewan Berharap Hidroponik Bisa Jadi Pintu Menarik Kaum Milenial Terjun di Bidang Pertanian

“Contoh alat untuk prosesing produksi entah apapun itu yang mempercepat produksi suatu usaha. Hal ini sangat diperlukan untuk pelaku UMKM,” kata dia.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM Pati, Diro (55) mengatakakan dirinya tidak paham cara memasarkan produk melalui platform online.

“Tidak paham ya, selama ini saya ya jual beli langsung, tapi alhamdulillah stabil itu,” kata dia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *