Dewan Bahas Cara Memajukan UMKM

Pati, Suryamedia.id – Salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso membahas mengenai cara agar Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM) bisa mengalami kemajuan.

Menurut Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati tersebut, salah satu hal yang mempengaruhi kemajuan suatu usaha termasuk UMKM adalah dari sisi marketing atau pemasarannya.

“Tidak mustahil jika UMKM kita akan semakin maju ke depannya,” papar Narso kepada tim Suryamedia.id.

“Jika strategi marketing dalam penjualan kita implementasikan secara tepat,” lanjutnya.

Namun di lain sisi, tidak semua UMKM di Kabupaten Pati mengetahui pentingnya marketing dalam bisnisnya. Oleh karena itu, perlu ada keterlibatan dari berbagai pihak termasuk pemerintah untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya marketing.

Selain itu, mereka juga perlu mendapat pendampingan dan bantuan terkait hal itu.  Terlebih saat ini pemasaran telah merambah ke digital, dimana tak semua pelaku UMKM melek teknologi.

Di lain sisi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pati Hadi Santoso sebelumnya mengatakan bahwa ada Perda yang mengatur bahwa toko berjejaring harus memuat 5 persen produk UMKM.

Baca Juga :   Paceklik Ikan, Dewan Pati Sarankan Optimalkan Stok Cold Storage

“Perda ada 5 persen untuk UMKM. Memang semunya butuh proses dan kerja sama,’’ ujar Hadi Santoso menjelaskan. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *