Pemkot Bandung Akan Pasang EFD di 1000 Titik

Suryamedia.id – Pemerintah Kota Bandung akan memasang Electronic Fiscal Device (EFD) di 1.000 titik.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Bapenda Kota Bandung, Iskandar Zulkarnain mengatakan bahwa saat ini terdapat 363 titik yang sudah dipasangi EFD.

Terdiri dari 27 titik di hotel wajib pajak (WP), 4 titik di WP parkir, 314 titik di WP restoran, dan 18 titik di WP hiburan, papar Iskandar.

Pemasangan alat rekam transaksi pajak daerah di Kota Bandung bertujuan untuk mendapatkan data potensi pajak secara real time, sehingga dapat dipantau dan digunakan sebagaimana mestinya.

“Ini juga dapat meningkatkan kepatuhan para wajib pajak (WP). WP daerah merupakan pelaku utama dalam undang-undang target pajak daerah,” jelasnya.

Ia membutuhkan data yang valid dari para WP. Dengan demikian, pemantauan transaksi wajib pajak merupakan langkah intensifikasi dalam optimalisasi pendapatan daerah dari sektor perpajakan daerah.

Upaya ini dilakukan dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah Kota Bandung khususnya dari pajak hotel, restoran, hiburan, dan pajak parkir, realisasi tahun 2020 terhimpun sebesar Rp416 miliar atau sebesar 25 persen dari PAD Kota Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *