Berikut Prodi yang Banyak Diminati di Jalur Seleksi Mandiri Unnes

Suryamedia.id – Bagi mahasiswa yang belum lolos masuk ke Universitas impian jalur tes (SNBT), jangan berkecil hati. Pasalnya, beberapa universitas masih membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri (SM). Salah satunya Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Dilansir dari laman resmi Universitas Negeri Semarang (https://unnes.ac.id/admission/jalur-seleksi-mandiri-utbk/), pendaftaran dibuka mulai dari 26 Juni hingga 6 Juli 2023. Terdapat beberapa program studi yang banyak diminati oleh pendaftar. Berikut daftarnya!

Jurusan Manajemen

Program studi (Prodi) Manajemen merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Semarang. Manajemen merupakan program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu organisasi. Meski merupakan bagian dari bidang Ekonomi, Manajemen berfokus pada ilmu mengelola, merencanakan, dan mengatur seluruh proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi merupakan salah satu bidang keilmuan yang mempelajari tentang manusia, baik perilaku dan apa yang mempengaruhi suatu tindakan. Dalam konteks sosial, psikologi mempelajari bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungannya, sementara dalam konteks industri mempelajari bagaimana seseorang berperilaku terkait posisinya di perusahaan.

Baca Juga :   Cegah Akses Konten Negatif dengan Cara Ini

Di Unnes, jurusan Psikologi memfokuskan diri pada lima bidang keahlian, yaitu Psikologi Pendidikan, Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, dan Psikologi Sosial.

Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan Masyarakat (IKM) merupakan jurusan yang mempelajari cara mengedukasi, mengenalkan, mempromosikan sekaligus mencegah penularan penyakit hingga cara mengobatinya kepada masyarakat.

Jurusan ini merupakan salah satu bagian dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Unnes. Prodi IKM mempunyai 4 konsentrasi keahlian yaitu epidemiologi, gizi kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan dan kesehatan kerja, serta promosi kesehatan.

Ilmu Hukum

Ilmu Hukum mempelajari berbagai sitem hukum berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat. Mahasiswa belajar mengenai perundang-undangan, termasuk hukum dasar seperti hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hingga hukum pidana.

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa mengaplikasikan ilmu dengan melakukan permagangan di berbagai firma hukum, lembaga pengadilan dan kantor kejaksaan.

Jurusan Teknik Informatika

Di jurusan Teknik Informatika, mahasiswa mempelajari dasar‐dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang rekayasa perangkat lunak, basis data, networking dan e-learning. Mereka juga dituntut untuk mengetahui perkembangan teknologi informasi pada tingkat lokal, nasional, dan internasional, serta bagaimana mengaplikasikan teknologi dalam bisnis dan kewirausahaan.

Baca Juga :   Merasa Jadi Sandwich Generation ? Ini Solusinya

Demikian artikel tentang jurusan yang banyak diminati pendaftar jalur Seleksi Mandiri Unnes. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *