Starship Entertainment Akan Menindak Hukum Penyebar Berita Palsu Member IVE

Suryamedia.id – Starship Entertainment selaku agensi IVE mengajukan tindakan hukum terhadap para YouTuber yang menerbitkan konten palsu tentang artis mereka. Hal tersebut dilaporkan melalui pernyataan resmi perusahaan yang menyatakan bahwa pihaknya tidak akan tinggal diam dan telah menindak hukum atas pelanggaran hak artisnya.

“Kami telah mengambil tindakan hukum yang tegas terkait kasus fitnah jahat, penyebaran informasi palsu, postingan dengan serangan pribadi, serta postingan dan komentar yang memfitnah,” ujar Starship Entertainment, dikutip dari Soompi.

Sebelumnya, pada bulan Oktober 2022, pihaknya juga mendapatkan laporan tentang orang-orang yang berkomentar jahat pada artisnya tersebut. Atas hal itu, penyebar komentar jahat menerima ukuman selama enam bulan penjara, pembatasan pekerjaan, dan terdaftar dalam daftar pelanggar.

“Sejak November 2022, melalui LIWU Law Group (perwakilan hukum), kami telah melakukan gugatan pidana dan perdata dan juga gugatan di luar negeri,” ungkapnya.

Pada Juli 2023, perusahaan berhasil mendapatkan informasi penting tentang pengelola akun ‘Sojang’ dari kantor pusat Google di Amerika Serikat. ‘Sojang’ sendiri merupakan akun YouTube yang diduga melakukan pencemaran nama baik anggota dari IVE dan menyebarkan informasi palsu.

Baca Juga :   Haruto TREASURE Absen Sementara dari Kegiatan Grup

Namun sayangnya, saat itu ‘Sojang’ mengklaim bahwa saluran mereka diretas dan menghapus video yang ada di saluran mereka. Selanjutnya, akun tersebut dihapus dan merilis permintaan maaf.

“Terlepas dari kebenaran dan niat sebenarnya di balik permintaan maaf ‘Sojang’, Starship akan meminta pertanggungjawaban perdata dan pidana atas tindakan ilegal mereka di masa lalu melalui gugatan yang sedang berlangsung,” imbuh pihak agensi.

Ke depannya, perusahaan akan mengambil langkah-langkah dengan bantuan perwakilan hukum perusahaan untuk menindak dan meminta pertanggungjawaban pada mereka yang menyebarkan berita palsu dan komentar jahat pada para artisnya.

“Kami terus mengoperasikan sistem pemantauan untuk melindungi hak artis kami termasuk reputasi, privasi, dan hak asasi mereka, dan kami berencana untuk mengambil semua tindakan hukum yang mungkin tanpa keringanan hukuman untuk kasus pencemaran nama baik saat ini dan di masa mendatang atau kerugian tambahan lainnya yang ditimbulkan pada artis,” tegas Starship Entertainment. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *