Tips Agar Disenangi Guru di Sekolah

Suryamedia.id – Tak hanya menjalin hubungan baik dengan teman-teman sekelas, menjalin hubungan baik dengan guru pun penting dilakukan. Memiliki komunikasi dan hubungan yang baik dengan guru-guru dapat mendorong Anda semakin semangat menerima pembelajaran.

Selain itu, guru merupakan pihak yang akan mendukung Anda untuk mencapai kesuksesan. Mereka yang menjelaskan materi, memberikan penilaian dan memberikan nasehat kepada para murid-muridnya. Selain itu, memelihara hubungan baik dan aktif menjalin komunikasi dapat membuat guru-guru senang mengajar Anda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips agar disenangi oleh guru di Sekolah.

Kenali pribadi guru

Setiap guru pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada guru yang memiliki sikap tegas dan serius, santai, maupun lemah lembut. Oleh sebab itu, kenali dulu pribadi setiap guru yang mengajar Anda pada masing-masing mata pelajaran. Kemudian, sesuaikan perilaku Anda saat harus berkomunikasi dengan mereka.

Aktif dan berinisiatif

Saat dalam sesi diskusi maupun tanya jawab, usahakan untuk melibatkan dirimu secara aktif. Jangan ragu untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Biasanya, guru tidak menilai benar atau salah jawaban Anda, namun inisiatif murid-muridnya saat dalam kegiatan belajar. Jika pun Anda salah menjawab, guru akan memperbaikinya. Selain itu, mereka tak segan mengapresiasi keaktifan, kontribusi, ide, dan inisiatifmu Anda.

Baca Juga :   Cara Cek Tagihan Listrik PLN Lewat HP

Tetap santun saat berbeda pendapat

Jika Anda memiliki pendapat berbeda dengan apa yang dijelaskan guru, jangan ragu untuk membagikan pendapat Anda. Namun, ungkapkan dengan tetap mengutamakan sopan santun dan bahasa sehalus mungkin.

Rajin, disiplin dan jujur

Usahakan untuk mengerjakan setiap tugas dan pekerjaan rumah dengan baik. Selain itu, kumpulkan hasil pekerjaan sesuai tenggang waktu (deadline) yang telah ditentukan. Sikap rajin dan disiplin ini akan memberikan nilai plus untuk Anda di mata guru. Rajin mengerjakan tugas menunjukkan kerja keras dan usaha Anda.

Tak hanya kerja keras saja, setiap pekerjaan yang Anda kerjakan harus dilandasi dengan kejujuran. Jangan mencontek saat ulangan atau tes. Kejujuran ini akan membangun rasa percaya guru kepada Anda.

Jangan lupa tersenyum dan menyapa

Tips selanjutnya adalah murah senyum dan usahakan menyapa guru Anda lebih dulu saat bertemu di mana pun, meski tidak di lingkungan Sekolah sekali pun. Salam dan sapa memberikan kesan ramah, serta saling menghormati.

Demikian beberapa tips agar disenangi oleh guru di Sekolah. (*)

Baca Juga :   Coba 12 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *