Ada Hybe Hingga SM Entertainment, Berikut 5 Agensi yang Menaungi Bintang KPOP

Suryamedia.id – Bagi penggemar idola KPOP, Anda mungkin mengetahui perusahaan mana yang menaungi para idola tersebut. Perusahaan-perusahaan itu berupa agensi yang perannya cukup besar dalam menyukseskan setiap aktivitas idola KPOP.

Perusahaan melakukan perekrutan calon idol, melatih mereka, kemudian menyiapkan setiap promosi saat melakukan debut maupun perilisan lagu baru. Selain itu, mereka juga memproduksi album hingga berbagai pernak-pernik idola untuk dijual kepada publik, terutama para penggemar.

Perusahaan atau agensi tersebut memperoleh pendapatan dari pembagian rasio atas penjualan album, tiket konser hingga beberapa proyek acara yang diterima oleh para artisnya. Tentu saja pembagian tersebut tercantum secara jelas di kontrak sebelum sang artis bergabung dengan mereka.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa agensi yang menaungi idol-idol KPOP.

Hybe Corporation

Hybe Corporation merupakan perusahaan hiburan yang didirikan oleh Bang Shi-Hyuk. Awalnya, ia mengawali perusahaan berupa agensi kecil bernama BigHit pada tahun 2005. Kemudian, pada 2013, mereka mendebutkan idol baru bernama BTS yang sukses besar, baik secara domestik maupun global.

Baca Juga :   Agensi Konfirmasi Giselle Aespa Akan Melanjutkan Aktivitas Grup Mulai 16 Juni

Perusahaan terus berkembang seiring kesuksesan para artisnya. Di tahun 2021 saja, perusahaan ini membukukan pendapatan dari penjualan ke seluruh dunia sebesar 1,26 triliun won, serta membukukan laba bersih sebesar 140,8 miliar won.

Tak hanya BTS, Hybe Corporation juga menaungi beberapa anak perusahaan dan beberapa grup idola KPOP yang tergabung dengannya, seperti TXT, SEVENTEEN, ENHYPEN, hingga LE SSERAFIM.

SM Entertainment

SM Entertainment merupakan agensi yang didirikan pada tahun 1995 oleh Lee Soman. Sampai dengan saat ini, agensi tersebut telah melahirkan banyak grup idola KPOP yang tak hanya terkenal namun juga berbakat. Agensi ini juga memiliki artis yang masih aktif dari generasi pertama hingga saat ini, seperti TVXQ.

Beberapa grup idola KPOP lainnya yang berasal dari SM Entertainment adalah S.E.S, H.O.T, Super Junior, Girl’s Generation, SHinee, EXO, RedVelvet, NCT hingga Aespa. Selain itu, SM Entertainment juga mengakuisisi perusahaan agensi hiburan lainnya, seperti Mystic Story (Billie, Brown Eyed Girls) dan Keyeast, yakni agensi yang menaungi para aktor.

Baca Juga :   BigHit Entertainment Umumkan Rencana Wamil Suga BTS

JYP Entertainment

JYP Entertainment merupakan perusahaan yang didirikan oleh Park Jin-Young sejak 1997. Perusahaan ini telah melahirkan beberapa grup idola KPOP, seperti Twice, 2PM, Stray Kids, Itzy, Day6, XdinaryHeroes, hingga Nmixx. Tak hanya bergerak di bidang manajemen artis, JYP juga memiliki berbagai bisnis pendukung, seperti produksi musik, event organizer, label rekaman dan banyak lainnya.

YG Entertainment

YG Entertainment menaungi berbagai grup idola KPOP seperti BigBang, BLACKPINK, 2NE1, dan masih banyak lagi. Perusahaan ini didirikan oleh Yang Hyun-suk dan Yang Min-suk pada tahun 1996. Tak hanya mengorbitkan sejumlah idol, YG juga merupakan rumah dari beberapa aktor dan aktris besar, seperti Kim Hee-ae, Yoo Seung-ho, Yoo In-na dan masih banyak lagi.

Cube Entertainment

Perusahaan idol KPOP lainnya adalah Cube Entertainment. Perusahaan ini BtoB, Pentagon, G(i)dle, dan Lightsum. Perusahaan tersebut biasanya memberikan kesempatan kepada para artisnya untuk memproduksi lagu sendiri. Sebagai contoh Jeon So-yeon G(i)dle dan Im Hyun-sik BtoB, serta Hui dari Pentagon. Mereka memproduksi beberapa lagu sendiri juga untuk beberapa idol lainnya.

Baca Juga :   Joohoney MONSTA X Umumkan Wajib Militer 24 Juli Mendatang

Demikian 5 perusahaan agensi yang menaungi bintang KPOP. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *