Tak Ada Kabel Listrik yang Semrawut, Distrik Kuala Kencana Dijuluki Kota Modern Pertama di Indonesia

Suryamedia.id – Sebuah unggahan konten TikTok dari akun @leo_dw tentang kota modern pertama di Indonesia jadi viral. Bukan Jakarta, kota modern pertama itu terletak di Kuala Kencana, Kota Timika, Papua. Tepatnya di

“Ini adalah kota modern pertama di Indonesia, selamat datang di Kuala Kencana,” kata pria dalam video.

Kota modern disematkan karena daerah tersebut tertata rapi dan memiliki keindahan alam yang asri. Distrik Kuala Kencana adalah kota pertama di Indonesia yang menggunakan sistem underground utilities untuk saluran kabel listrik, komunikasi, distribusi air bersih dan pengelolaan limbah terpusat. Dengan sistem tersebut, tak ada tiang kabel listrik maupun kabel telepon karena semuanya tertanam di dalam tanah.

Selain itu, rumah-rumah di distrik tersebut juga memiliki penataan yang rapi hingga membentuk sebuah lingkaran. Sementara itu, bagian tengah terdapat kawasan hijau yang asri karena penuh dengan pepohonan.

Selain kerapian penataan kotanya, kualitas air dinilai baik sehingga masyarakat bisa minum air langsung dari keran, serta sistem drainase yang dapat mencegah kebanjiran. Selain itu, setiap rumah di sana juga tidak menggunakan septic tank karena semuanya sudah tersentral di suatu tempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *