Google Bayar Denda Terkait Penggunaan Data Pengguna

Suryamedia.id – Google menyetujui untuk membayar sekitar Rp2,3 triliun (155 juta USD) sebagai penyelesaian gugatan pemerintahan negara bagian California dan penggugat pribadi. Hal ini dikaitkan dengan penggunaan data lokasi pengguna secara ilegal oleh Google.

Google membayar sekitar Rp1,4 triliun untuk penyelesaian kasus, sementara sisanya juga akan dibayarkan kemudian. Menurut informasi, para penggugat ingin Google mengungkapkan lebih detail terkait cara melacak lokasi dan bagaimana mereka menggunakan data pengguna.

Mereka juga menduga Google Search menyesatkan pengguna tentang cara Google melacak lokasi atau menggunakan data pengguna.

Dengan demikian, Google dianggap tidak mendapat izin pengguna atas penggunaan data mereka, yang membuat perusahaan membayar denda.

Sebelumnya, Google juga diminta untuk membayar denda sebesar UDS 9,5 juta pada tahun 2020 karena dituduh telah menanyangkan iklan yang disesuaikan kepada pengguna ketika mereka menonaktifkan riwayat lokasi.

“Google menyebutkan dalam pengaturan bahwa setelah pengguna memilih untuk mematikan Riwayat Lokasi, lokasi mereka tidak akan lagi dilacak. Namun Google terus melacak aktivitas pengguna untuk kepentingan bisnis mereka,” kata Jaksa Agung California, dilansir dari DetikINET. (*)

Baca Juga :   Google Punya Fitur Fact-check Sebuah Gambar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *