Ramai Gunakan Slogan ‘From River to the Sea’ untuk Dukung Palestina, Apa Artinya?

Suryamedia.id – Trending tagar tentang Palestina akhir-akhir ini menghiasi berbagai media sosial. Beberapa di antaranya terdapat postingan-postingan yang menyerukan pembelaan HAM dan dukungan terhadap rakyat Palestina dari serangan tentara Israel.

Ada sesuatu yang menarik dari sejumlah postingan tersebut, yakni ungkapan ‘from river to the sea’. Ungkapan ini kerap digunakan bagi mereka yang pro-Palestina, meski penggunaannya sering kali dilarang oleh beberapa pihak, sebagai berikut;

  • Partai Buruh Inggris, pada Senin (30/10/2023) menskors Anggota Parlemen Andy McDonald karena menggunakan frasa “between the river and the sea” dalam pidatonya di sebuah demonstrasi pro-Palestina.
  • Menteri Dalam Negeri Inggris, Suella Braverman menggambarkan demonstrasi pro-Palestina sebagai “pawai kebencian” dan memperingatkan bahwa slogan tersebut harus ditafsirkan sebagai indikasi keinginan kekerasan untuk melenyapkan Israel.
  • Asosiasi Sepakbola di Inggris juga telah melarang pemain menggunakan slogan tersebut di akun media sosial pribadi mereka.
  • Polisi Austria melarang demonstrasi pro-Palestina atas dasar nyanyian tersebut dan mengklaim bahwa slogan tersebut, yang awalnya dirumuskan oleh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), telah diadopsi oleh kelompok bersenjata Hamas.
  • Pihak berwenang Jerman juga menyatakan bahwa slogan tersebut terlarang dan dapat didakwa serta meminta sekolah-sekolah di ibukota Berlin untuk melarang penggunaan keffiyeh, syal Palestina.
Baca Juga :   Serukan Dukungan pada Palestina, Aldi Taher Donasikan Honor dari Hasil Syuting

Jadi, sebenarnya, bagaimana asal-usul slogan tersebut?

Asal-usul ungkapan ‘from river to the sea’

Dilansir dari Aljazeera, uangkapan tersebut digunakan sebagai seruan kebebasan Tanah Air Palestina, yang membentang dari Sungai Yordan hingga Laut Mediterania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *