Berikut Alternatif Brand Produk yang Diboikot, Mulai dari Makanan Hingga Kosmetik

Suryamedia.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui fatwanya telah mengimbau kepada umat muslim Indonesia untuk tidak mendukung dan membeli produk-produk dari Israel dan pro-Israel. Hal ini diputuskan sebagai usaha untuk menghentikan agresi tentara Israel pada masyarakat Palestina.

Keputusan ini sesuai dengan Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 Tentang tentang Hukum Dukungan terhadap Palestina. MUI juga mengimbau umat Islam agar semaksimal mungkin menghindari transaksi dan penggunaan produk Israel dan yang terafiliasi dengan pendukung penjajahan dan zionisme.

“Mendukung pihak yang diketahui mendukung agresi Israel, baik langsung maupun tidak langsung, seperti dengan membeli produk dari produsen yang secara nyata mendukung agresi Israel hukumnya haram,” tegas Ketua MUI Bidang fatwa Prof Asrorun Niam Sholeh, dikutip dari Detik pada Jumat (10/11/2023).

Sementara itu, terdapat beberapa produk terafiliasi dengan Israel yang masih dipasarkan di Indonesia. Banyak dari mereka merupakan produk yang dekat dengan masyarakat karena merupakan produk kebutuhan pangan dan sehari-hari. Beberapa diantaranya adalah Unilever yang memproduksi produk seperti pasta gigi, sampo, obat kumur dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula Danone yang menghasilkan produk Aqua yang mana brand awareness-nya besar di kalangan masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *