Poin-poin Hasil Pertemuan Jokowi dan Joe Biden, Salah Satunya Membahas Isu Internasional Gaza

Suryamedia.id – Baru-baru ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di White House.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa Indonesia merupakan satu-satunya negara yang diundang untuk melakukan kunjungan jelang KTT APEC di San Francisco. Pertemuan yang berlangsung pada 13 November 2023 tersebut membahas beberapa poin penting terkait kerjasama bilateral, termasuk kondisi kawasan Gaza, Palestina.

Poin penting pertemuan seputar kerjasama bilateral

Poin pertama bahwa Indonesia dan Amerika Serikat sepakat untuk meningkatkan status hubungan bilateral dari strategic partnership menjadi Comprehensive Strategic Partnership (CSP).

“CSP Indonesia-Amerika Serikat akan menjadi fondasi kuat untuk penguatan kerja sama bilateral, terutama di bidang ekonomi,” kata Retno dalam keterangan tertulisnya, dilansir dari DetikNews.

Kemudian, poin kedua adalah tentang penguatan kerja sama mineral kritis. Dengan demikian, akan dibentuk rencana kerja (work plan) menuju pembentukan Critical Mineral Agreement (CMA).

Baca Juga :   Unggah Video Tentang Israel-Palestina, Netizen Menduga Felicya Angelista Cari Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *