Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Resmi Konferensi Umum UNESCO, Simak Sejarahnya Bahasa Indonesia Berikut Ini

Suryamedia.id – Tepat pada hari Senin, tanggal 20 November 2023, Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa resmi Konferensi Umum (general conference) UNESCO. UNESCO sendiri merupakan organisasi Internasional yang bergerak pada bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Keputusan tersebut ditetapkan di Markas Besar UNESCO Paris, Prancis.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Prancis-Andorra-Monako, Mohamad Oemar mengatakan bahwa bahasa Indonesia menjadi salah satu kekuatan yang menyatukan bangsa sejak sebelum kemerdekaan. Bahasa ini juga ditetapkan sebagai bahasa Nasional sejak Sumpah Pemuda tahun 1928.

“Bahasa Indonesia telah menjadi kekuatan penyatu bangsa sejak masa pra-kemerdekaan, khususnya melalui Sumpah Pemuda di tahun 1928, sehingga mampu menghubungkan etnis yang beragam di Indonesia,” katanya, dilansir dari Antara.

Momen ini sekaligus menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi ke-10 yang diakui lewat Koferensi Umum UNESCO. Sementara itu, bahasa lainnya meliputi bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Prancis, Spanyol, Rusia, Hindi, Italia, dan Portugis.

Sejarah Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia sebenarnya berasal dari bahasa Melayu yang merupakan lingua franca atau bahasa perhubungan Nusantara. Bahasa ini telah digunakan oleh negara-negara di kawasan Asia Tenggara sejak abad ke-7.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *