Di Balik Gambar Kapal Pinisi di Laman Utama Google Search

Suryamedia.id – Hari ini (7/12/2023), Google memasang gambar kapal pinisi di laman utama Google Search. Tampak gambar kapal kayu berlayar merah berada di tengah lautan biru, membentuk huruf ‘O’ pada kata Google.

Kapal pinisi sendiri merupakan salah satu kendaraan yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang juga terkenal secara mendunia. Kapal yang menjadi kendaraan khas suku Bugis-Makassar, Sulawesi Selatan tersebut sekaligus menjadi bukti kejayaan Indonesia sebagai negara maritim.

Dilansir dari laman Kemenhub, kapal ini dibuat pada abad ke-14 oleh seorang putra mahkota Kerajaan Luwu, Sawerigading. Ia membangun kapal tersebut dengan bahan kayu dari pohon Walerengreng atau Pohon Dewata yang kokoh dan tidak pernah lapuk. Kapal pinisi tersebut digunakan olehnya untuk berlayar ke Tiongkok untuk mempersunting putri kerajaan, We Cudai.

Saat sang Putra Mahkota ingin kembali ke Tanah Air, kapal tersebut dihantam oleh gelombang di daerah Bulukumba. Kapal tersebut kemudian terbelah dan terpental hingga ke 3 wilayah, yaitu Ara, Tana Beru dan Lemo-Lemo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *