Google Luncurkan Model AI Gemini, Diklaim lebih Canggih dari GPT-4

Suryamedia.id – Google luncurkan model AI terbaru, Gemini pada Rabu (6/12/2023) waktu setempat. Perusahaan mengklaim bahwa model AI yang dikembangkannya ini bisa melampaui GPT-4, produk dari OpenAI. CEO Google, Sundar Pichai menjelaskan bahwa Gemini menjadi lompatan besar yang pernah ada dalam model AI, hingga pada akhirnya akan memengaruhi hampir semua produk Google.

“Salah satu hal hebat mengenai momen ini adalah Anda dapat mengerjakan satu teknologi dasar dan menjadikannya lebih baik dan teknologi tersebut langsung diterapkan ke seluruh produk kami,” ujarnya, dikutip dari The Verge.

Gemini terdiri dari beberapa versi, model AI dalam versi yang lebih ringan disebut dengan Gemini Nano, dimaksudkan untuk dijalankan secara native dan offline di perangkat Android. Ada pula versi yang lebih canggih, yakni Gemini Pro yang akan segera mendukung banyak layanan AI Google dan Bard.

Satu lagi, model yang lebih mumpuni bernama Gemini Ultra yang merupakan Large Language Model (LLM) terkuat yang pernah dibuat Google. Sebagian besar model ini dirancang untuk pusat data dan aplikasi perusahaan.

Baca Juga :   Benarkah Membuat Stiker Wajah di WA Bisa Terjerat UU ITE?

Google merupakan perusahaan yang menciptakan sebagian besar teknologi dengan AI selama hampir satu dekade. Di sisi lain, kompetitor OpenAI meluncurkan ChatGPT di tahun 2022 yang lalu, menjadikan perusahaan ini besar karena layanan AI-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *