Kucurkan 23T Rupiah, TikTok Shop Resmi Bergabung dengan PT GoTo

Suryamedia.id – TikTok secara resmi bermitra dengan PT GoTo Gojek Tokopedia (GoTo) setelah TikTok berinvestasi lebih dari 1,5 miliar dolar AS atau sekitar 23 triliun rupiah kepada perusahaan tersebut.

Atas kerja sama itu, TikTok Shop Indonesia dan Tokopedia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia. TikTok akan memiliki kendali atas PT Tokopedia, sementara fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia dikelola oleh PT Tokopedia.

“TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia,” ungkap keterangan pada Senin, (11/12/2023).

Kemitraan ini akan diawali dengan uji coba berupa konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga lainnya. Sementara itu, pada masa uji coba yang akan meluncurkan program kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023. Tanggal tersebut bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Dengan program ini, memungkinkan pengguna TikTok untuk berbelanja produk lokal dalam rangka mendukung UMKM Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce. Seperti diketahui bahwa merchant merupakan pelaku UMKM, serta mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Baca Juga :   YouTube TV Memungkinkan Pengguna Mengetahui Bagian-bagian Terbaik dalam Video

“Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka,” terangnya lebih lanjut, dikutip dari DetikFinance.

Para pelaku UMKM akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia dan Grup GoTo, berupa promosi produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok, hulisinasi UMKM, dukungan pemasaran dan branding berkelanjutan bagi pedagang, mendukung pelaku UMKM loka untuk promosi di pasar internasional, membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia, serta memastikan persaingan yang wajar.

Dengan kemitraan ini, TikTok memungkinkan menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, komite juga akan dibentuk untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok. (*)

Baca Juga :   TikTok Shop Hadirkan Penawaran Fashion Bekas di Inggris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *