Memasuki Bulan Desember, Kenapa Masih Panas?

Suryamedia.id – Di tahun-tahun sebelumnya, bulan Desember sudah memasuki musim hujan. Dengan demikian, suhu harusnya cenderung turun dan curah hujan menjadi lebih tinggi.

Namun, menurut pantauan BMKG, beberapa daerah di Indonesia masih mengalami anomali cuaca, dimana tetap terasa panas terik. Padahal, menurut perkiraan, sejak November 2023 Indonesia sudah harus memasuki musim hujan.

Kenapa Desember masih panas?

Mengutip informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi suhu panas dan cuaca terik memang masih terjadi di beberapa wilayah sekitar selatan ekuator. Hal ini terjadi karena minimnya tutupan awan di wilayah tersebut.

“Sepekan terakhir, kondisi suhu panas dan cukup terik pada siang hari terjadi di wilayah Indonesia sekitar selatan ekuator. Hal ini disebabkan minimnya tutupan awan di wilayah tersebut,” kata BMKG, dikutip dari Detik.

Lebih lanjut, BMKG juga menjelaskan bahwa kondisi panas terik di akhir tahun ini disebabkan karena aktivitas pola tekanan rendah di sekitar Laut China Selatan. Sehingga, berdampak pada berkurangnya aliran massa udara basah ke arah selatan ekuator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *