Pemerintah Indonesia Protes Rumah Sakit Indonesia Dijadikan Markas IDF

Suryamedia.id – Pemerintah Indonesia mengecam Pasukan Pertahanan Israel (Israel Defense Forces/IDF) yang menjadikan Rumah Sakit Indonesia di Gaza sebagai markas militer.

Seperti diketahui bahwa Rumah Sakit Indonesia merupakan fasilitas umum untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Gaza, Palestina.  Rumah Sakit ini dibangun sebagai wujud aksi solidaritas dan donasi dari Masyarakat Indonesia kepada warga Palestina yang terdampak serangan dari Israel.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin turut mengungkapkan protes terhadap IDF. Menurutnya, Rumah Sakit Indonesia diperuntukkan sebagai tempat pelayanan kesehatan, bukan untuk dijadikan markas tentara IDF

“Pemerintah sih sangat protes, tidak menyukai. Karena apa? Karena itu kan untuk fasilitas pelayanan kepada masyarakat,” kata Ma’ruf Amin, dikutip dari CNN Indonesia.

Lebih lanjut, ia juga menilai bahwa tentara IDF telah melakukan pelanggaran etika karena merampas apa yang menjadi hak warga Palestina. Mereka juga tidak patuh terhadap peraturan hukum humaniter internasional karena telah menyerang fasilitas medis.

“Saya kira itu tidak punya etik lah. Rumah sakit kok dirampas. Mestinya rumah sakit itu dibiarkan melayani korban-korban itu, jangan jadi markas tentara. Itu sudah melanggar aturan,” ujarnya.

Baca Juga :   Dewan Sarankan Petani Beralih ke Tanaman yang Tahan Kemarau

Sebelumnya, pasukan Israel menjatuhkan serangan ke Rumah Sakit Indonesia karena mengira tempat itu dijadikan sebagai markas Hamas. Namun, faktanya rumah sakit tersebut dihuni oleh warga sipil, bukan tentara Hamas.

“Apa yang terjadi sekarang, sekitar dua Minggu yang lalu, Israel menempatkan pasukannya dan [menjadikan] markas [RS Indonesia], yang dulu pernah mereka tuduh sebagai markas Hamas dan tidak ada orang Hamas di situ,” kata Sarbini Abdul Murad, Kepala Presidium organisasi relawan kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *