Apa Itu Dobby Syndrome, Istilah yang Populer di TikTok?

Suryamedia.id – Satu lagi muncul istilah populer di media sosial TikTok, yakni Dobby Syndrome. Menariknya, istilah ini tidak ada dalam bahasa ilmiah, meski sebenarnya digunakan untuk menyebut kondisi kesehatan mental tertentu.

Sebagai penggemar film Harry Potter, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Dobby tersebut. Seperti yang diketahui, bahwa Dobby merupakan karakter peri rumah yang harus setia melayani tuannya, walaupun diperlakukan semena-mena sekalipun.

Lantas, apa hubungan karakter Dobby ini dengan kondisi kesehatan mental?

Apa itu Dobby Syndrome?

Dobby Syndrome digunakan untuk menyebut seseorang yang menghukum diri sendiri setiap melakukan kesalahan. Tindakan menghukum diri tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa bersalah dan penyesalan.

Dobby sendiri dikenal sebagai peri rumah yang bekerja di rumah keluarga Malfoy. Keluarga Malfoy dikenal bengis dan kejam, sehingga Dobby merasa harus menghukum diri sendiri setiap melakukan kesalahan atau gagal menjalankan perintah tuannya. Dobby akan memukul kepalanya dengan barang atau membentur-benturkan kepalanya ke tembok setelah sadar melakukan kesalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *