Tips Agar Keuangan Tidak ‘Boncos’ di Tahun 2024

Suryamedia.id – Salah satu resolusi di tahun 2024 adalah memiliki kesehatan keuangan yang baik. Perencanaan keuangan dibutuhkan untuk lebih bijak dalam mengelola uang yang kita dapatkan, sehingga tidak ‘boncos’ setiap bulannya.

Pengelolaan yang buruk membuat kita kesulitan menabung dan berinvesatasi di masa depan. Dikutip dari Business Insider, pakar perencana keuangan merekomendasikan untuk memeriksa kembali jalur pengeluaran uang dan menabung lebih banyak. Berikut adalah 4 tips yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan di tahun 2024.

Lebih banyak makan makanan rumahan

Tips pertama adalah membangun kebiasaan untuk mengurangi biaya makan di luar. Sesekali pergi untuk ‘nongkrong’ dengan teman mungkin boleh, namun usahakan jangan setiap hari jika tidak ingin keuangan Anda bergejolak setiap akhir bulan.

Bangun kebiasaan makan di rumah atau pelajari resep-resep sederhana yang bisa Anda tiru sendiri untuk mencukupi kebutuhan makanan Anda setiap harinya. Memasak sendiri makanan selain menghemat pengeluaran, Anda juga bisa mengetahui kebutuhan nutrisi bagi tubuh Anda.

Anggarkan untuk belanja online

Kebiasaan belanja online membuat sebagian orang mengembangkan sifat belanja impulsif. Anda mungkin terkejut menyadari jumlah check out yang membeludak karena tidak pernah membatasi berapa uang yang bisa Anda belanjakan.

Baca Juga :   Pentingnya Pilihan Desain Warna untuk Branding Produk

Belanja online bisa membuat orang kecanduan dan tidak menyadari apa yang dibeli. Oleh sebab itu, Anda perlu memasang ‘pagar pembatas’ agar bisa lebih bijak lagi dalam mengeluarkan uang untuk kebutuhan Anda, bukan sekadar apa yang Anda inginkan.

Lunasi utang dan kurangi pengeluaran tidak penting

Prioritaskan pelunasan utang, terutama yang memiliki bunga tinggi. Jika Anda memiliki utang, prioritaskan untuk membayarnya lebih dulu daripada berbelanja hal-hal yang tidak terlalu mendesak. Hindari utang konsumtif untuk mendapatkan barang kebutuhan tersier, seperti tas branded, dan barang-barang mewah lainnya. Mengelola utang dengan bijak adalah kunci untuk memperbaiki keuangan di tahun mendatang.

Investasi jangka panjang

Pertimbangkan untuk melakukan investasi jangka panjang, bisa berupa saham, emas, atau real estate. Investasi jangka panjang sering kali memberikan imbal hasil yang lebih stabil dan dapat menjadi sumber pendapatan pasif di masa depan.Namun, sebelum memulai investasi, pahami terlebih dahulu tentang profil risikonya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *