Gempa Berkekuatan M 7,6 Guncang Wilayah Pesisir Jepang, 6 Orang Meninggal

Suryamedia.id – Sejumlah kawasan pesisir utara dan tengah Jepang diguncang Gempa berkekuatan 7,6 magnitudo pada Senin, (1/1/2024) pukul 16.10 waktu setempat. Gempa bermagnitudo 7,6 tersebut memicu gelombang tsunami setinggi 1,2 meter di Pelabuhan Wajiima, Prefektur Ishikawa dan Kota Toyama di Prefektur Toyama setinggi 0,8 meter.

Sebelumnya, pemerintah Jepang juga telah meminta agar penduduk di wilayah Noto, prefektur Ishikawa untuk segera melakukan evakuasi secepatnya ke dataran tinggi, melansir berita nasional Jepang NHK.

Akibat bencana alam tersebut, ada 6 yang dilaporkan terjebak di bawah reruntuhan bangunan. Semua korban yang dinyatakan meninggal ditemukan di Prefektur Ishikawa, di pantai barat Honshu, pulau utama Jepang. Sementara itu, korban terdampak lainnya memilih bermalam di pusat evakuasi setelah diminta mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Sementara itu, ada sebanyak 18 WNI yang tinggal di Kota Suzu, Prefektur Ishikawa bermalam di atas bukit setelah gempa. Petugas militer Jepang juga turut membagikan bantuan berupa makanan, air dan selimut bagi pengungsi yang meninggalkan tempat tinggalnya.

Baca Juga :   Apa Itu White Day yang Dirayakan Setiap Tanggal 14 Maret di Jepang?

Sampai hari ini, Selasa (2/1/2023), peringatan tsunami diturunkan statusnya menjadi imbauan.

Menurut laporan Badan Meteorologi Jepang (JMA), setidaknya ada 87 gempa bumi terjadi pada Senin (1/1/2023) waktu setempat. Kemudian, Setelah pukul 16.10 waktu setempat, ada sebanyak 42 gempa susulan lainnya mengguncang area yang sama hingga Selasa (2/1/2023) pagi, sekitar pukul 06.00 waktu setempat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *