Pemerintah Jepang Peringatkan Kemungkinan Gempa Susulan di Atas 7 SR

Suryamedia.id – Badan Meteorologi beri peringatan kemungkinan adanya gempa susulan di Jepang. Mereka memprediksi akan terjadi gempa dengan kekuatan diatas 7 SR di wilayah Prefektur Ishikawa Jepang seminggu ke depan.

Para ahli dari Departemen Meteorologi Nasional juga memperingatkan bahwa sejumlah gempa susulan akan terus terjadi di Jepang selama beberapa hari ke depan. Pihaknya meminta masyarakat waspada bahwa gempa kuat di atas 7 SR  terjadi pada 2 hingga 3 hari ke depan.

“Lebih dari selusin gempa kuat telah terdeteksi di wilayah tersebut, dengan risiko memicu tanah longsor dan rumah-rumah runtuh,” menurut keterangan Badan Meteorologi Jepang, dikutip dari CNBC.

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida menjelaskan bahwa pihaknya telah mendirikan pusat darurat khusus untuk mengumpulkan semua informasi tentang gempa dan tsunami.

Pada tanggal 1 Januari 2024 kemarin, terjadi gempa bermagnitudo 7,6 di Prefektur Ishikawa, di pantai barat Honshu, pulau utama Jepang. Gempa bumi kuat tersebut juga berdampak pada jaringan transportasi di Jepang. Ada 4 kereta Hokuriku Shinkansen yang berada antara Stasiun Toyama dan Kanazawa terhenti selama 11 jam. Gempa tersebut membuat 1.400 penumpang terlantar dan abru beroperasi pukul 1 siang tanggal 2 Januari 2024.

Baca Juga :   Perihal Pendidikan, Dewan Inginkan Ada Pemerataan di Pelosok

Menurut Kementerian Kesehatan di Jepang, sebanyak 19 fasilitas medis di Ishikawa dan 2 fasilitas medis di Niigata mengalami pemadaman listrik dan air. 32.700 rumah di Prefektur Ishikawa juga kehilangan aliran listrik dan banyak kota kehilangan akses terhadap air.  (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *