Sempat Ricuh di Acara GDA 2024, Berikut Sekilas Tentang Fansite Idola Kpop

Suryamedia.id – Ajang penghargaan Golden Disc Awards 2024 (GDA 2024) sukses dilaksanakan. Banyak grup idola dan penyanyi-penyanyi Korea Selatan yang diundang menampilkan penampilan memukau yang tak terlupakan bagi para penggemar.

Meskipun demikian, acara tersebut juga sempat diwarnai kericuhan karena ulah beberapa oknum fansite idola Kpop. Fansite yang diduga warga negara Korea Selatan tersebut marah-marah dan memaki penonton lain dan pihak keamanan yang bertugas. Akibat ulahnya tersebut, orang itu langsung diamankan selama acara berlangsung.

Sebenarnya, ap aitu fansite? Simak penjelasannya berikut ini!

Fansite idola Kpop adalah…

Fansite bisa diartikan sebagai fan (penggemar) dan site (situs), alias penggemar yang mempunyai situs sendiri yang diisi dengan beragam konten eksklusif idolanya. Fansite merupakan orang-orang yang biasa ditemui dalam suatu acara hiburan. Mereka sering kali mengikuti para idolanya tampil di berbagai acara.

Hal tersebut dilakukan untuk mengumpulkan konten-konten, berupa foto ataupun video yang direkam sendiri.

Fansite ini berbeda dengan sasaeng fans, jika sasaeng fans mengikuti sang idola hingga ke jadwal pribadi dan melanggar privasi, maka fansite biasanya hadir di acara-acara yang telah diumumkan sebelumnya, seperti konser, acara musik mingguan dan red carpet dan sebagainya.

Baca Juga :   Ini Arti Istilah ‘Red Flag’ yang Sering Muncul di Media Sosial

Orang-orang yang bergabung dalam fansite tersebut biasanya memiliki kemampuan di bidang fotografi dan edit foto setara profesional. Foto-foto tersebut kemudian dibagikan kepada para fans lainnya lewat situs mereka masing-masing. Tak lupa, para fansite memiliki lambang atau logo mereka sendiri-sendiri yang ditampilkan sebagai watermark untuk mencegah orang lain mem-posting ulang atau mengomersialkan tanpa izin. Dengan demikian, fansite sering kali tampil dengan nama samara dan tidak diketahui identitas aslinya.

Koleksi foto dan video tersebut biasanya diunggah untuk koleksi pribadi bagi fansite maupun fans lainnya. Namun, tak jarang juga foto-foto tersebut dijadikan sebagai tujuan komersil, seperti menjual fankit dan lainnya.

Beragam koleksi foto dan video ini biasanya hanya mereka jadikan sebagai koleksi pribadi di akun media sosial, tetapi tidak sedikit juga yang menjadikannya sebagai tujuan komersil.

Setiap anggota boy group maupun girl group memiliki banyak fansite yang berbeda-beda. Itu mengapa fansite hanya mengambil foto artis yang diidolakan saja. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *